EVALUASI PROGRAM PELATIHAN MANAJEMEN (MANAGEMENT TRAINING) LEVEL I PADA SEKOLAH PEMBENTUKAN PERWIRA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN POLRI DI KOTA SUKABUMI JAWA BARAT

  • Sutarjo Paring Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Evaluation Program, Management Training Level-I

Abstract

The purpose of this study was to evaluate the Level I Management Management Training Program in Schools Establishing Officers of Polri Education and Training Institutions in Sukabumi City, Jawa Barat. is a qualitative research with an evaluation approach using the Context, Input, Process, and Product (CIPP) model. Data collection methods are triangulated using questionnaires, interviews, and documentation studies. The results of the study show that: 1) Evaluation of Context: Having a strong legal basis and government policy, has very clear goals and objectives. 2) Evaluation of Input: Qualifications of educator participants and instructors in accordance with predetermined criteria, Availability of funds, availability of facilities and infrastructure, but not meeting the level-I management training standards and needs, and good communication and collaboration between relevant stakeholders. 3) Process Evaluation: Planning training in accordance with what has been stipulated in the provisions. However, in preparing the education of prospective officers, it should be carried out in the second stage. The implementation of training runs well and in accordance with the provisions in the provisions. 4) Product Evaluation: trainees of the Level I Management Training Program in Schools Establishing Officers of the National Police Training and Education Institute in Sukabumi City, West Java has been very satisfying by showing the value of the training. It is recommended to provide a comprehensive evaluation of the Level I Management Management Training Program in Schools Establishing Officers of Polri Education and Training Institutions in Sukabumi City, Jawa Barat.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Program Pelatihan Manajemen (Management Training) Level I Pada Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Polri Di Kota Sukabumi Jawa Barat. merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluasi menggunakan model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Metode pengumpulan data secara triangulasi menggunakan kuisioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi Context: Memiliki dasar hukum dan kebijakan pemerintahyang kuat, mempunyai tujuan dan sasaran yang sangat jelas. 2) Evaluasi Input: Kualifikasi peserta dan pengajar pendidik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, Tersedianya dana, Tersedianya sarana dan prasarana, namun belum memenuhi standard dan kebutuhan pelatihan manajemen level-I, dan terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antar stakeholder yang terkait. 3) Evaluasi Process: Perencanaan pelatihan sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan, Namun dalam penyusunan pendidikan calon perwira harusnya dilaksanakan pada tahap ke dua, Pelaksanaan pelatihan berjalan baik dan sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan, dan Pelaksanaan evaluasi berjalan baik. 4) Evaluasi Product: Peserta pelatihan Program Pelatihan Manajemen (Management Training) Level I Pada Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Polri Di Kota Sukabumi Jawa Barat sudah sangat memuaskan dengan menunjukkan nilai hasil dari pelatihan. Disarankan memberikan evaluasi secara komprehensif terhadap Program Pelatihan Manajemen (Management Training) Level I Pada Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Polri Di Kota Sukabumi Jawa Barat.

Kata Kunci: Evaluasi Program,Program Pelatihan Manajemen Level-I

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, M. Manajemen Sumber Daya Manusia., (Jakarta: Erlangga 2000).

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Barry Cushway, Human Resource Management. (Jakarta: PT. Gramedia, 2002).

Daniel L. Stuffelbeam and Anthony J. Shinkfield, Evaluation Theory, Models & Aplications (San Francisco: Jossey-Bass, 2007).

David A. Statt, Using psychology in management training: the psychological foundations of management skills, Taylor & Francis e-Library, 2003.

Donald L. & James D, Evaluating Training Programs, (Routledge is a member of the Taylor & Francis Group 2000).

Donald L. Krikpatrick & James D. Krikpatrick., Evaluating Training Program, (Berrett-Koehler Publishers, Inc. California, 2008).

Elfrianto, Manajemen Pelatihan Sumberdaya manusia dalam meningkatkan mutu lulusan., Jurnal EduTech Vol. 2 No. 2 September 2016., ISSN: 2442-6024 e-ISSN: 2442-7063.

Marilyn H. Oemann dan Kath B. Gaberson, Evaluation and Testing in Nursing Education., Springer Publishing Company, 2009.

Nurhakim, T. Rusman, Evaluasi Program Percepatan Belajar Pada SMA “X” Jakarta (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol.15, 2009).

Owen, Jhon M., Program Evaluation, Sydney: Allen and Unwin, 2006.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 2.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 2.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).

Stufflebeam, et, al, Evaluation Models, (Kluwer Academic Publishers, New York.2000).

Stuffelbeam, Daniel L. and Anthony J. Shinkfield, Evaluation Theory, Models & Aplications, San Francisco: Jossey-Bass, 2007.

Stufflebeam & Chris Coryn, Evaluation Theory, Models, andApplications, Jossey Bass A wiley brand, San Franscisco., 2014.

Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Djudju, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Syaodih, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PPs UPI dan PT. Remaja Rosdakarya.

T. Rusman Nurhakim, Evaluasi Program Percepatan Belajar Pada SMA “X” Jakarta (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol.15, 2009).

UU No 17 (Tahun 2007), tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005 – 2025.

UU No. 2 (Tahun 2002) Tentang kepolisian Negara Republik Indinesia.

Wirawan, Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi., (Rajawali Pers, Jakarta., 2011).

Article Metrics
Abstract views: 415
PDF downloads: 1208
Published
2018-12-31
How to Cite
Sutarjo Paring. (2018). EVALUASI PROGRAM PELATIHAN MANAJEMEN (MANAGEMENT TRAINING) LEVEL I PADA SEKOLAH PEMBENTUKAN PERWIRA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN POLRI DI KOTA SUKABUMI JAWA BARAT. Visipena, 9(2), 287-305. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.460
Section
Articles