KEMAMPUAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENGAWASAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TINGKAT SMP DI KABUPATEN PIDIE

  • Basri Universitas Jabal Ghafur
Keywords: Ability, Supervision, Performance

Abstract

The objectives of this research are to develop school supervisory capability, especially the head of the junior high school which is influenced by internal factors including: the level of readiness of supervisors, principals, curriculum tools, administration and management, and readiness of external factors including: lack of facilities; lack of discipline field in accordance with the situation in the field as an effort to support the achievement of the implementation of education and pengajarang better. The method used is descriptive analysis means to describe the factors that affect the ability of school supervisors competence Principal in Pidie District. The result of the research shows that the internal factors that influence the supervisor's ability, the competence of the principal, among others, the level of education, experience and working period, because this is what affects the readiness level of school supervisors and principals in carrying out activities. External factors that can affect the ability of school supervisors, principal competencies are complete facilities and infrastructure and adequate level of welfare today.

 

Abstrak

tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan pengawas sekolah terutama kepala yang berada pada jenjang SMP yang dipengaruhi oleh faktor internal meliputi: tingkat kesiapan pengawas, kepala sekolah, perangkat kurikulum, administrasi dan manajemen, kemudian kesiapan faktor eksternal yang meliputi: kurangnya tersedia fasilitas; kurangnya bidang disiplin ilmu sesuai dengan situasi dilapangan sebagai upaya menunjang tercapainya pelaksanaan pendidikan dan pengajarang yang lebih baik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif artinya untuk menggambarkan tentang faktor yang mempengaruhi kemampuan pengawas sekolah kompetensi Kepala Sekolah yang ada di Kabupaten Pidie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi kemampuan pengawas, kompetensi kepala sekolah antara lain, tingkat pendidikan, pengalaman maupun masa kerjanya, oleh karena, hal inilah yang mempengaruhi tingkat kesiapan pengawas sekolah dan kepala sekolah dalam menjalankan aktiitasnya. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kemampuan pengawas sekolah, kompetensi kepala sekolah yaitu sarana dan prasarana yang lengkap serta tingkat kesejahteraan yang memadai sekarang ini.

Kata Kunci: Kemampuan, Pengawasan, Kinerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmodiwirio, S dan Toto Sismanto, S. 1981. Kepempimpinan Kepala Sekolah, CV. Adhiwaskita. Semarang.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Keputusan Bersama Materi Kepengawai dan Kebudayaan dan Kepala Badan Adminidtrasi 1996 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Jakarta. Debdikbud Republik Indonesia.

Soetjipto. 1999. Tugas Pokok, Kedudukan Pengawas dan Kepala Sekolah SMP-SMA dalam Satu Instansi Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sergiovanni. 1997. Tugas Pokok, Kedudukan Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Satu Instansi Sekolah. CV. Deepublish. Yogyakarta.

Article Metrics
Abstract views: 64
PDF downloads: 182
Published
2018-12-31
How to Cite
Basri. (2018). KEMAMPUAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENGAWASAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TINGKAT SMP DI KABUPATEN PIDIE. Visipena, 9(2), 306-315. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.461
Section
Articles