EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI

  • Krisna Anggraeni Universitas Majalengka
  • Devi Afriyuni Yonanda Universitas Majalengka
Keywords: Teaching Materials Based On Local Wisdom, Jigsaw Learning Model, Skill Of Writing Description

Abstract

The purpose of this study was to describe the effectiveness of a teaching materials based on local wisdom in jigsaw learning model to skill of writing description. The method used in this study is a quasi experimental design with two groups: the experimental class and control class. The results showed differences in the skills of writing description between the two classes. In the control class tend to not experience a significant increase, while the experimental class increased. The average value of the current skill of writing description in control class pretest to post-test by 61.25 to 71.40, increased 15.57% with average value of n-gain 0.274 in low category. Meanwhile, the average value in experimental class pretest to post-test by 61.22 to 83.31, increased 36.08% with average value of n-gain 0.570 in medium category. The difference of gain indicates that a teaching materials based on local wisdom in jigsaw learning model effectively used to improve the skills of writing description.

 

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam model pembelajaran teknik jigsaw terhadap keterampilan menulis deskripsi. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas kontrol cenderung tidak mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan. Nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi kelas kontrol pada prates 61.25 pascates 71.40 peningkatan sebesar 16.57% dengan rata-rata n-gain 0.274 termasuk kategori rendah. Sementara itu, nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi kelas eksperimen saat prates 61,22 pada pascates menjadi 83,31 peningkatan sebesar 36.08% dengan rata-rata n-gain 0.570 termasuk kategori sedang. Perbedaan peningkatan tersebut mengindikasikan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam model pembelajaran teknik jigsaw efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi.

Kata Kunci:  Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal, Model Pembelajaran Teknik Jigsaw, Keterampilan Menulis Deskrispi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refik Aditama.

Alfianto. (2008). Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar. (Online), (http://id.forum.wordpress.com/topic/pelajaran-bahasa-indonesia.co.id), diakses 21 Maret 2017.

Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi dengan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2) hlm 1-10.

Ary, D., Jacobs, L. C & Sorensen, C. K. (2010). Introduction to research in education eighth edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Cresswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research 4th edition. Boston: Pearson Education Inc.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2011). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Keraf. (2008). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustakan Utama.

Linse, C.T. (2005). Practical English Language Teaching Young Learners. New York: McGraw Hill.

Mulyasa, E. (2012). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Pres.

Rahyono, F.X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama

Silberman, M.L. diterjemahkan oleh Sarjuli dkk. 2007. Active Learning:101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS.

Soegiranto, R.E. (2010). Acuan Penulisan Bahan Ajar Dalam Bentuk Modul. Pokja Kurikulum dan Sprevisi Pusat Pengembangan Madrasah Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Yunus M, dkk. (2009). Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Article Metrics
Abstract views: 1343
PDF downloads: 1574
Published
2018-12-31
How to Cite
Krisna Anggraeni, & Devi Afriyuni Yonanda. (2018). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI. Visipena, 9(2), 385-395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)