PENGARUH PERASAAN, KETERTARIKAN DAN KETERLIBATAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK PADA SMA PABA BINJAI

  • Andy Hakim Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Saiful Amir Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
Keywords: Feelings, Interests, and Involvement in Learning Interest

Abstract

Education problems have had an impact on the quality of education as well as students 'learning achievements, such as inadequate feelings, especially in remote areas, differences in students' feelings between city and village, learning interest and low involvement of students, low teacher quality, and other problems . This research is a quantitative research type of verification research which is a type of research that aims to test the theory or results of previous research, so that the results are obtained that strengthen or abort the results of previous research theories. Kolerasional research aims to find out how the feeling factor (X1), interest (X2) and involvement (X3) influence learning interest (Y). The results showed that the three variables namely Feelings, Interests and Involvement had a significant influence on Learning Interest.

 

Abstrak

Permasalahan pendidikan selama ini berdampak pada kualitas pendidikan serta prestasi belajar peserta didik, seperti permasalahan perasaan kurang memadai terutama di daerah terpencil, perbedaan perasaan peserta didik antara kota dan desa , ketertarikan belajar dan keterlibatan peserta didik yang rendah, kualitas guru yang rendah, serta permasalahan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian verifikatif yakni  jenis penelitian yang bertujuan untuk menguji teori atau hasil peneltian sebelumnya, sehingga diperoleh hasil yang memperkuat atau mengugurkan teori hasil penelitian sebelumnya. Penelitian kolerasional bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor Perasaan (X1), Ketertarikan (X2) dan Keterlibatan (X3) berpengaruh terhadap Minat Belajar (Y) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel yakni Perasaan, Ketertarikan, dan Keterlibatan memberikan pengaruh secara signifikan terhadap Minat Belajar

Kata Kunci : Perasaan, Ketertarikan, dan Keterlibatan terhadap Minat Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. 2015. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. (Edisi ke-2). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi aksara. Djaali, 2017. Fsikologi pendidikan. Jakarta : Bumi aksara.

Gie, The liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti. Hasnawiyah. Minat dan Ketertarikan Siswa terhadap Jurusan Biologi pada SMA di Ujungpandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung pandang.

Hardjana. 1994. Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Hakim, Tursang. 2000. Belajar secara efektif. Jakarta: puspa swara.

Jamarah S.B, 2008, Psikologi Belajar, Edisi 2, Jakarta, Rineka Cipta.

Kartono, K. 1995. Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Loekmono. 1994. Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Manullang, M. 2012. Manajemen dan Personalia. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Moekijat. 2014. Kamus Manajemen. Alumni : Bandung.

Sardiman, A.M, 2015, Interaksi dan Ketertarikan Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmono. 1994. Tuntunan Metodologi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung

Umar, Hamalik. 2001. Proses belajar Mengajar. Jakarta : Bumi aksara.

Unokur, H. B. 2006. Teori Ketertarikan dan Pengu annya. Jakarta : Bumi Aksara.

Article Metrics
Abstract views: 1057
PDF downloads: 2535
Published
2018-12-31
How to Cite
Andy Hakim, & Saiful Amir. (2018). PENGARUH PERASAAN, KETERTARIKAN DAN KETERLIBATAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK PADA SMA PABA BINJAI. Visipena, 9(2), 406-426. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.470
Section
Articles