EVALUASI PROGRAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI PANDEGLANG

  • M. Rosi Siumaparri Djadjas Universitas Negeri Jakarta
  • Kurniawati Universitas Negeri Jakarta
  • Umasih Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Program Evaluation, CIPP, Curriculum 2013 History Subjects

Abstract

The purpose of this research is to obtain information comprehensively about the implementation of curriculum 2013 subjects history in SMA Negeri Pandeglang. This research uses CIPPmodel. The components that become the focus of this research are 1). Context, consist of program background, program constraints, feasibility study, 2). Inputh, consists of student, teachers, curriculum, infrastructure, financing, academic calender, 3). Process, consists of teacher copetence ;earningactivities in class 4). Product, consisting of sumatif value and formative value of leraners.This research uses qualitative methode combined with quantitative approach. The steps of the research begins by making evaluation criteria, the next stage of making the instrument research, making the instrument grille, data collection, data analysis and conclusions. The instrument validition test uses expert validation, and reliability test. Data collection techniques, using observation technique, interviews, documentation studies, and questionnaires. The result of reseearch show that context competent is in very good criteria, with 100% evaluation, 100 % input component is very good, 75 % good process component, and 100 % excellent product component. Thus, it can be concluded that the 2013 Curriculum implementation of history subjects can run very well.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang pelaksanaan program implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah di SMA Negeri Pandeglang.  Penelitian ini menggunakan model CIPP. Komponen- Komponen yang menjadi fokus penelitian ini yaitu (1) context, terdiri dari latar belakang program, kendala program, studi kelaikan; (2) input, terdiri dari peserta didik, guru, kurikulum, sarana prasarana, pembiayaan, kalender akademik; (3) process, terdiri dari kompetensi guru, kegiatan pembelajaran di kelas; (4) product, terdiri dari nilai sumatif dan nilai formatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan kuantitatif.

Langkah-langkah penelitian diawali dengan membuat kriteria evaluasi, tahap selanjutnya membuat kisi-kisi instrument, membuat instrument penelitian, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Uji  Validitas instrumen menggunakan triangulasi sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa komponen Context berada pada kriteria sangat baik dengan angka evaluasi 100%, komponen input 100 % sangat baik, komponen process 75 % baik, dan komponen product 100 % sangat baik.Sehingga, dapat disimpulkan bahwa impelemntasi Kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah dapat berjalan dengan sangat baik dan efektif.

Kata Kunci: Evaluasi Program, CIPP, Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Djuwairiah, Understanding the 2013 Curriculum of English Teaching through the Teachers‟ and Policymakers‟ Perspectives, International Journal of Enhanced Research in Educational Development (IJERED), ISSN: 2320-8708 Vol. 2, Issue 4, July-August, 2014, halaman: (6-15)

Aman, Evaluasi Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: FIS UNY, 2009.

Diektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Diektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Dikdasmen Kemdndikbud, 2016.

Dirjen dikdasmen. 2018. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 SMA.

Ervawi, Analisis Kesiapan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: UPI, tesis, 2001.

Hasan. S. H, Evaluasi Kurikulum, Jakarta: Depdikbud RI, 1988.

Hasan Hamid, Pendidikan Sejarah Indonesia, Bandung: Rizqi Press, 2012.

Hasan Said Hamid, History Education In curiculum 2013. HISTORIA: Internastional Journal of History Education, Vol. XIV, No 12, Desember 2013, Halaman 163-178.

Hamid Said Hasan, Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter, Jurnal Paramita Vol. 22 No. 1 - Januari 2012, halaman. 81—95.

Kemendikbud, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum, Jakarta: Kemendikbud, 2015.

Lampiran Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang peniliaian.

Ningrum, E, Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan‖. Jurnal Geografi (GEA) Sumber Daya Manusia Indonesia, 2009.

Noor Chairani, 2013 Curriculum Reflected in an International Oriented Senior High School, Yogyakarta, Sino-US English Teaching, August 2015, Vol. 12, No. 8, 568-574.

Panduan Penialian SMA Permendikbud No 16 tahun 2007.

Permendiknas No. 24 Tahun 2007.

Permendikbud No. 59 tahun 2014 tentang Kurikulum SMA.

Permendikbud no. 64 tahun 2014.

Permendikbud No. 69 Tahun 2014.

Permendikbud No. 159 tahun 2014.

Permendikbud No 18 tahun 2016.

Permendikbud No. 17 tahun 2017.

Safitri Mardiana dan Sumiyatun, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Metro, Jurnal HISTORIA Volume 5, Nomor 1, Tahun 2017. Halaman 45-53.

Siskandar, Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah, Jakarta: Institut Perguruan Tinggi ilmu Islam, Jurnal Cendekia, Vol. 10, N0.2, Oktober 2016.

Sri Budaiani, Sudarmin, dan Rodio Syamwil, Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri, Semarang: Innovative Journal of Curiculum and Education technology UNES, dipublikasikan Juni 2017.

Stufflebeam Daniel and Coryn Chris L.S, Evaluation, Theory, Models, & Applications, San Francisco; Jossey –Bass.2014.

Stufflebeam Daniel and Guili Zhang, The CIPP Evaluation Model, London: Guilford Press, 2017.

Subyanto, Evaluasi pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: PPLPTK, 1998.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: AlfaBeta, 2015.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatam Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Suyanto & Asep Jihad, Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Esensi: Erlangga, 2013.

Suyanto Slamet, The Implementation Of The Scientific Approach Through 5ms Of The Revised Curriculum 2013 In Indonesia, CAKRAWALA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Edisi Februari2018, TH XXXVIINOI, http;//orcid.org/00000002-9581-0596.

Article Metrics
Abstract views: 618
PDF downloads: 849
Published
2018-12-31
How to Cite
M. Rosi Siumaparri Djadjas, Kurniawati, & Umasih. (2018). EVALUASI PROGRAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI PANDEGLANG. Visipena, 9(2), 435-455. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.473
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)