PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAPAKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAHDI SMANEGERI 7 ACEH BARAT DAYA

  • Nurdin Amin UIN Ar-Raniry
Keywords: Multimedia, Learning Activities

Abstract

The learning that takes place at SMA Negeri 7 southwest Aceh still learning like media and using
media and categorized as the slide that contains the writings of course there hasn't been an effort of
teachers to develop instructional media that can draw attention of students so that the effect on the activity and results of student learning. One of the media that can enable aktivtas student learning by using multimedia in the form of power point and props. This research aims to know the dibelajarkan learning activities using multimedia material on the human circulatory system. The design used in this study is the Pre-alphabets experiment design with One Group Pretest – Posttest Design. Of the population in this research is the entire grade 7 SMA Negeri XI in Southwest Aceh, while the sample in this study i.e., students class XI IPA1 consisting of 26 students by using Purposive Sampling technique. This research data gathering techniques that is by observation and tests. The results of observation learning activities of students at the first meeting of 96% with a very active category and the second meeting 92% also including very active category. The second meeting of the tersebutpenggunaan multimedia terhadapaktivitas learning siswapada materi Sistem Darahdi West Daya95 SMANegeri7Aceh Circulation% very active and 80% of students active.

 

Abstrak

Pembelajaran yang berlangsung di SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya saat ini masih menggunaakan media pembelajaran biasa seperti menggunakan LKS dan media slide yang berisi tulisan-tulisan saja belum ada upaya guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu media yang dapat mengaktifkan aktivtas belajar siswa yaitu dengan menggunakan multimedia yang berupa power point dan alat peraga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar yang dibelajarkan menggunakan multimedia pada materi sistem peredaran darah manusia.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperiment dangan desain One Group Pretest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA1 yang terdiri dari 26 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama 96% dengan kategori sangat aktif dan pertemuan kedua 92% juga termasuk kategori sangat aktif. Dari kedua pertemuan tersebut penggunaan multimedia terhadap aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya 95% sangat aktif dan 80% siswa aktif.

Kata Kunci: Multimedia, Aktivitas Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

AbinSyamsudin M. 2003.,Psikologi Pendidikan, Bandung:Rosda Karya Remaja.

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Annurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Hamid Abdul. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.Cetakan pertama, Pasca sarjana Unimed: Medan.

Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Askara.

Sukayati. 2003. Media Pembelajran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press

Yani, Yuli. 2014.”Upaya Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Numberend Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS semester genap di SMK Bakauhuni. Kabupaten lampung Selatan. Jurnal Pendidikan. Vol.2. No.2.

Article Metrics
Abstract views: 79
PDF downloads: 184
Published
2019-06-30
How to Cite
Nurdin Amin. (2019). PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAPAKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAHDI SMANEGERI 7 ACEH BARAT DAYA. Visipena, 10(1), 190-199. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.500
Section
Articles