PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS – TS) DENGAN AKTIVITAS WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA IAIN BONE

  • Rina Novianty Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
Keywords: Two Stay Two Stray, Window Shopping, Learning Motivation

Abstract

This research was a Classroom Action Research (CAR) which aimed to improve the students learning motivation in IAIN Bone through the application of the Two Stay Two Stray (TS-TS) learning model with Activity Window Shopping. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The techniques in Data collection used in this research were questionnaire and documentation. The instrument used in this research was a list of questions on the questionnaire. The technique in data analysis used was descriptive data analysis by looking at the average score percentage by describing the quantitative data obtained. Based on the results of the research, it was concluded that the Application of Two Stay Two Stray (TS - TS) Learning Model with Window Shopping Activity can increase the students learning motivation in IAIN Bone. From the result of questionnaire data analysis the research showed that the percentage of the students learning motivation was obtained by an average score of 77.10% in the first cycle and then increases to 82.07% in the second cycle or increase of 4.97%.

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa IAIN Bone melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS - TS) dengan Aktivitas Window Shopping. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian  ini adalah daftar pertanyaan pada angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan melihat persentase skor rata- rata dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS - TS) dengan Aktivitas Window Shopping dapat  Meningkatkan  Motivasi Belajar Mahasiswa IAIN Bone. Dari hasil analisis data angket penelitian menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar mahasiswa diperoleh rata –rata  skor 77,10 % pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 82,07 % pada siklus II atau terjadi peningkatan 4,97%.

Kata kunci: Two Stay Two Stray, Window Shopping, motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Hidayat. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Alhikmah, Luluk. (2016). “Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SM Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara.

Hamzah B. Uno. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haris, Mudjiman. (2005). Belajar Mandiri: Self Motivated Learning. Surakarta: LPP & UNS Press.

Lie, Anita. (2007). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Robert E.Slavin. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Suprapto (2017). “Penerapan Pembelajaran TSTS dengan Aktifitas Window Shopping untu Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar”, Edumath, Vol. 3, No. 2.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PT.Pustaka Pelajar.

Suharsimi ArikuntO. (2012). Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Article Metrics
Abstract views: 303
PDF downloads: 419
Published
2019-12-31
How to Cite
Rina Novianty. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS – TS) DENGAN AKTIVITAS WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA IAIN BONE. Visipena, 10(2), 239-253. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.504
Section
Articles