MENGATASI KEMISKINAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  • Khausar STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Keywords: Kemiskinan, Pemberdayaan masyarakat dan Kebijakan

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, banyak ditemukan dinegara-negara yang sedang berkembang termasuk negara Indonesia salah satunya. Telah banyak kebijakan pemerintah yang digulirkan untuk mengatasi kemiskinan seperti program IDT, P2KP, Askeskin, kompesasi BBM, PPK dan lain-lain, tetepi belum membuahkan hasil yang maksimal, bahkan angka kemiskinan dipredikasi akan terus meningkat apabila harga BBM naik lagi, dimana kenaikan harga BBM diikuti oleh kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, yang menyebabkan daya beli masyarakat menurun dan angka pengangguran meningkat. Kenyataan didaerah menunjukan bahwa implementasi kebijakan tidak tepat sasaran karena berbagai hal seperti kondisi kemiskinan dipolitisir sebagai lahan bisnis kemanusiaan yang menjanjikan atau program yang diterapkan bersifat parsial, residual dan karitatif. Untuk itu penanggulangan kemiskinan di daerah perlu ditata dan dikoordinir secara baik agar tujuan tercapai secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnes Sunartiningsih, 2004 Pemberdayaan Masyarakat Desa. Melalui Institusi Lokal, Yogyakarta: Aditya Media bekerja sama dengan jurusan Sosiatri Fisipol UGM.

Suharto, 2005. Membangun Masyarakat Memeberdayakan Rakyat, Bandung :Refika Aditama.

Gunawan Sumodiningrat, 2007 Pemberdayaan Masyarakat, Kajian Ringkas Tentang Pembangunan Manusia Indonesia, Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Edi Suharto, 2005 Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Srategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial, Bandung: Refika Aditama.

Edi Suharto, 2009. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Di Indonesia, Menggagas Model Jaminan Sosial Universal Bidang Kesehatan, Bandung: Alfabeta.

Edi Suharto, 2005 Analisis Kebijakan Publik, Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial, Bandung: Alfabeta.

Sutomo dan Miftahusyaian, 2008. Demokrasi dan kemiskinan, Malang: Program Sekolah Demokrasi.

Jim Ife dan Frank Tesoriesro, 2008. Altenatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Community Development, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agnes Sunartiningsih, 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta: Aditya Media bekerja sama dengan jurusan Sosiatri Fisipol UGM.

Sunyoto Usman, 2008. Pembangangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elake Nataniel, 2008. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Studi Evaluatif di Desa Laha Kecamatan Teluk Ambon Baguala Kota Ambon Yogyakarta: GeMMa Press.

Ambar Teguh Sulistiyanti, 2004. Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan Yogyakarta: Gava Media.

Mansour Fakih, 2008. Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi Yogyakarta: Insistpress Berkerja Sama Dengan Pustaka Pelajar.

Eko Putro Widoyoko, 2009. Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soetomo, 2006. Srategi Pembagunan Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwi Heru Sukoco, 2000. Profesi Pekerjaan Sosial dan Proses Pertolongannya, Yogyakarta: Badan Pelatihan danPengembangan Sosial Departemen Sosial RI.

Suharso Monoarfaata, mengurangi-22-juta-penduduk miskin, http://www.ataviase.co.id/, diakses tanggal 19 Juni 2010

Herry Darwanto, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan Berbasiskan Masyarakat Terpencil, www.bappenas.go.id/get-file-server/node/8514//: diakses tanggal 20 Juni 2010

Kamal2k5, /pola_pemberdayaan_masyarakat multiply.com/: diakses tanggal 18 Maret. 2010.

Article Metrics
Abstract views: 2833
PDF downloads: 948
Published
2012-12-31
How to Cite
Khausar. (2012). MENGATASI KEMISKINAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Visipena, 3(2), 39-70. https://doi.org/10.46244/visipena.v3i2.58
Section
Articles