ALAT PERAGA DAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA
Abstract
Alat peraga dan Media pembelajaran kimia memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang bervariasi, akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesulitan dalam memahami ilmu kimia disebabkan kebanyakan konsep-konsep dalam ilmu kimia maupun materi kimia secara keseluruhan merupakan konsep atau materi yang bersifat abstrak dan kompleks, maka guru harus membantu siswa untuk memvisualisasikan konsep yang abstrak tersebut menjadi sesuatu yang nyata dan mudah dipahami siswa, karena pada dasarnya siswa itu belajar dari sesuatu yang konkret, bahkan tidak hanya siswa, orang dewasa pun dalam waktu tertentu membutuhkan visualisasi untuk memahami konsep-konsep yang abstrak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan alat peraga dan media dalam pembelajaran kimia untuk menanamkan konsep agar mudah dimengerti oleh para siswa.
Downloads
References
AECT. (1977). Definisi Teknologi Pendidikan: Satuan Tugas Definisi dan Terminologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anderson, Ronald, H. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Anonim. (1999). Bergembira dengan Sains. (Judul Asli Spiel das Wisen schafft). Terjemahan Hardjapamekas dan Djadjang Madya Patriana. Bandung : Titian Ilmu.
Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Cece Wijaya dan A. Tabrani R. (2002). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar-Mengajar, Bandung : P.T. Remaja Rosda Karya.
Cece Wijaya, dkk. (1992). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Cahyana,U.dkk. (2004). Kimia . Jakarta: Piranti
Dahar, R. W dan Sumarna, A. (1986). Pengelolaan Pengajaran Kimia, Jakarta: Karunika
Dale, E. (1969). Audiovisual Method in Teaching. (Third Edition). New York : The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Dedi Supriadi. (1999). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Druxes, H. (1995). Kompendium Didaktik Fisika. Bandung: P.T .Remaja Rosdakarya
Gagne, R.M. (Ed.). (1987). Instructional Technology : Foundations. Hillsdale : Lawrence Erlmaum Associates, Publishers.
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.
______________ (1980). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Janice Pratt VanCleave. (1991). Gembira Bermain dengan Ilmu Kimia : 101 Percobaan yang Pasti Berhasil. Jakarta: Temprint.
Janice Pratt VanCleave. (2003). 204 Percobaan-percobaan yang Menakjubkan. Bandung : Pakar Raya.
John, W.Hill, Doris, K., Kolb. (1995). Chemistry for Changing Times. Seventh Edition. New Jersey : Prentice Hall, Inc.
Kanginan, Martin, (2007), Fisika SMA Kelas 2, Erlangga, Jakarta
Latuheru, J.D. (1993). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar Kini. Ujung Pandang : IKIP Ujung Pandang.
Mujadi. (1995). Materi Pokok Desain dan Pembuatan Alat Peraga. Jakarta: Depdikbud
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2003). Teknologi Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru.
___________ (2005), Dasar –Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nur, Muhamad. (2000). Media Pengajaran dan Teknologi untuk Pembelajaran. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah.
Purba, M., (2004), Kimia, Jilid 3, Jakarta: Erlangga.
________ (2007). Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta. Erlangga.
Rachmwati, dkk. (2007). Kimia 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta. Esis. Rosdakarya
Sadiman, A.S. dkk (1986). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Steve Setford. (1996). Buku Saku Sains. Jakarta : Erlangga.
Sudjana, N. dan Rivai, A. (1990). Media Pembelajaran. Bandung : C.V. Sinar Baru Bandung.
Yunita, (2006), Panduan Demonstrasi dan Percobaan Permainan Kimia, Bandung: Pudak Scientific
PDF downloads: 19871