PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI RUANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Intan Kemala Sari STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Geometri Ruang, Siswa Sekolah Dasar, Pendekatan Matematika Realistic

Abstract

Mengenali bentuk merupakan langkah awal untuk membangun pondasi perkembangan kognitif seseorang. Melalui proses tersebut, seseorang dapat mengidentifikasi sifat dan karakteristik suatu objek dari wujud yang terlihat untuk membangun konsep atau definisi tentang objek yang bukan dianalisis. Pembelajaran geometri berlandaskan pemikiran pendekatan matematika realistik tersebut, dalam hal ini memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep geometri dengan memanfaatkan pengetahuannya. Dengan demikian, fokus utama dalam penelitian adalah mendisain pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan geometri ruang siswa sekolah dasar. Penelitian ini tergolong dalam penelitian tindakan kelas, adapun fase dalam dalam melaksanakan penelitian ini, yaitu; identifikasi masalah, pengumpulan dan organisasi data, interpretasi data, pelaksanaan tindakan/interfensi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa memahami materi geometri ruang. Dengan demikian, pembelajaran geometri ruang dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan geometri ruang siswa kelas IV sekolah dasar. Adapun aktivitas yang dipilih merupakan hal-hal yang dekat dengan pengalaman dan pengetahuan siswa, sehingga dapat menjembatani antara pengetahuan siswa dengan visualisasi dan analisis dalam geometri. Namun, guru harus memberi waktu tunggu yang cukup serta memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengeluarkan idenya sehingga proses belajar mengajar tidak hanya menjadi pengalaman di kelas, melainkan dapat diaplikasiskan siswa dalam lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crowley, Mary L. 1987. The van Hiele Model of the Development of Geometric Thought. Mary Montgomery Lindquist (Ed). The van Hiele Model of the Development of Geometric Thought in Learning and Teaching Geometry. Reston, Va.: National Council of Teachers of Mathematics. K-12 pp 1-6 http://www.csmate.colostate.edu/docs/math/mathactivities/june2007/The%20van%20Hiele%20Model%20of%20the%20Development%20of%20Geometric%20Thought.pdf

Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary School. http://doc.utwente.nl/58707/1/thesis_Fauzan.pdf

Ferrance, Eileen. 2000. Action Research. Brown University. http://www.brown.edu/academics/educationalliance/sites/brown.edu.academics.education-lliance/files/publications/act_research.pdf

Gravemeijer, Koeno. 1994. Developing Realistic Mathematics. Utrecht: CD – β Utrecht University. Netherland

Gravemeijer, Koeno. 1996. Instruction Design for Reform in Mathematics Education. M. Beishuizen, K. P. E. Gravemeijer, & E. C. D. M. van Lieshout (Eds). The Role of Contexts and Models in The Development of Mathematical Strategies and Procedures. Netherlands: Freudenthal Institute

Gravemeijer, Koeno & Cobb, Paul. 2006. Design Research from a Learning Design Perspective. Jan van Den Akker, Koeno Gravemeijer, Susan McKenney, & Nienke Nieveen (Eds). Educational Design research. New York: Routledge

Mason. 2007. Van Hiele Theory: Teaching and Learning Geometry. State University of New York. https://moodle.education.wisc.edu/pluginfile.php/8773/mod_resource/content/0/Van_Hiele_model_readings/Clements_2003.pdf

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda: Bandung

Reedal, Kristin E. 2010. Jean Piaget’s Cognitive Development Theory in Mathematics Education. Journal of Senior Seminar: Cognitive Development and the Learning of Mathematics 2010, pp. 16-20 http://www.ripon.edu/academics/macs/summation/2010/articles/K.%20Reedal%20-%20Piaget%20Theory.pdf

Rolet, Chistiane. 2002. Teaching and Learning Plane Geometry in Primary School: Aquititon of First Geometrical Thinking. European Research in Mathematics Education III. http://www.dm.unipi.it/~didattica/CERME3/proceedings/Groups/TG7/TG7_Rolet_cerme3.pdf

Treffers, A. 1991. Didactical Background of a Mathematics Program for Primary education. L. Streefland (Ed). Realistics Mathematics Education in Primary School on The Occasion of The Opening of The Freudenthal Institute. Utrecht: CD – β Utrecht University. Netherland

Vighi, Paola & Marchini, Carlo. 2011. A Gap Between Teaching and Learning Geometry. University of Parma, Italy. http://www.cerme7.univ.rzeszow.pl/WG/4/WG4_Vighi.pdf
Article Metrics
Abstract views: 302
pdf downloads: 307
Published
2014-06-30
How to Cite
Intan Kemala Sari. (2014). PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI RUANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Visipena, 5(1), 18-34. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.927
Section
Articles