PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI RUANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Mengenali bentuk merupakan langkah awal untuk membangun pondasi perkembangan kognitif seseorang. Melalui proses tersebut, seseorang dapat mengidentifikasi sifat dan karakteristik suatu objek dari wujud yang terlihat untuk membangun konsep atau definisi tentang objek yang bukan dianalisis. Pembelajaran geometri berlandaskan pemikiran pendekatan matematika realistik tersebut, dalam hal ini memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep geometri dengan memanfaatkan pengetahuannya. Dengan demikian, fokus utama dalam penelitian adalah mendisain pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan geometri ruang siswa sekolah dasar. Penelitian ini tergolong dalam penelitian tindakan kelas, adapun fase dalam dalam melaksanakan penelitian ini, yaitu; identifikasi masalah, pengumpulan dan organisasi data, interpretasi data, pelaksanaan tindakan/interfensi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa memahami materi geometri ruang. Dengan demikian, pembelajaran geometri ruang dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan geometri ruang siswa kelas IV sekolah dasar. Adapun aktivitas yang dipilih merupakan hal-hal yang dekat dengan pengalaman dan pengetahuan siswa, sehingga dapat menjembatani antara pengetahuan siswa dengan visualisasi dan analisis dalam geometri. Namun, guru harus memberi waktu tunggu yang cukup serta memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengeluarkan idenya sehingga proses belajar mengajar tidak hanya menjadi pengalaman di kelas, melainkan dapat diaplikasiskan siswa dalam lingkungannya.
Downloads
References
Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary School. http://doc.utwente.nl/58707/1/thesis_Fauzan.pdf
Ferrance, Eileen. 2000. Action Research. Brown University. http://www.brown.edu/academics/educationalliance/sites/brown.edu.academics.education-lliance/files/publications/act_research.pdf
Gravemeijer, Koeno. 1994. Developing Realistic Mathematics. Utrecht: CD – β Utrecht University. Netherland
Gravemeijer, Koeno. 1996. Instruction Design for Reform in Mathematics Education. M. Beishuizen, K. P. E. Gravemeijer, & E. C. D. M. van Lieshout (Eds). The Role of Contexts and Models in The Development of Mathematical Strategies and Procedures. Netherlands: Freudenthal Institute
Gravemeijer, Koeno & Cobb, Paul. 2006. Design Research from a Learning Design Perspective. Jan van Den Akker, Koeno Gravemeijer, Susan McKenney, & Nienke Nieveen (Eds). Educational Design research. New York: Routledge
Mason. 2007. Van Hiele Theory: Teaching and Learning Geometry. State University of New York. https://moodle.education.wisc.edu/pluginfile.php/8773/mod_resource/content/0/Van_Hiele_model_readings/Clements_2003.pdf
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda: Bandung
Reedal, Kristin E. 2010. Jean Piaget’s Cognitive Development Theory in Mathematics Education. Journal of Senior Seminar: Cognitive Development and the Learning of Mathematics 2010, pp. 16-20 http://www.ripon.edu/academics/macs/summation/2010/articles/K.%20Reedal%20-%20Piaget%20Theory.pdf
Rolet, Chistiane. 2002. Teaching and Learning Plane Geometry in Primary School: Aquititon of First Geometrical Thinking. European Research in Mathematics Education III. http://www.dm.unipi.it/~didattica/CERME3/proceedings/Groups/TG7/TG7_Rolet_cerme3.pdf
Treffers, A. 1991. Didactical Background of a Mathematics Program for Primary education. L. Streefland (Ed). Realistics Mathematics Education in Primary School on The Occasion of The Opening of The Freudenthal Institute. Utrecht: CD – β Utrecht University. Netherland
Vighi, Paola & Marchini, Carlo. 2011. A Gap Between Teaching and Learning Geometry. University of Parma, Italy. http://www.cerme7.univ.rzeszow.pl/WG/4/WG4_Vighi.pdf
pdf downloads: 362