Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena <p>Visipena Journal (e-ISSN: 2502-6860 and p-ISSN: 2086-1397) published by Lemlit STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Visipena Journal is published twice a year on June and December. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review articles. The articles basically contain any topics concerning with education. Visipena Journal is available in print and online version. Languange used in this journal is Indonesia or English.</p> en-US lppm@bbg.ac.id (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) ferdi@bbg.ac.id (Ferdi Riansyah) Sat, 03 Feb 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI LAM ILIE KABUPATEN ACEH BESAR https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2559 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru SD Negeri Lam Ilie melalui supervisi akademik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian tindakan sekolah (PTS). Subjek dalam penelitian adalah seluruh guru di SD Negeri&nbsp; Lam Ilie yang berjumlah 8 orang. Degan demikian teknik pengambilan sampel sebagai subjek dalam penelitian ini adalah total sampel atau sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, observasi,&nbsp; dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah dilakukan supervisi akademik pada siklus I kategori cukup dengan nilai 72,94 dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 85,93. Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I kategori cukup dengan nilai 72,87 dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 86,74. Penilaian kompetensi profesional guru pada siklus I kategori cukup dengan nilai 66,24 dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 88,75. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kinerja guru di SD Negeri Lam Ilie Kabupaten Aceh Besar dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>This research aims to determine the improvement in the performance of Lam Ilie State Elementary School teachers through academic supervision. The research design used in this research is school action research (PTS). The subjects in the research were all 8 teachers at Lam Ilie State Elementary School. Thus, the sampling technique for subjects in this research is the total sample or saturated sample. The research instruments used in this research were interview guidelines, observation and documentation. This research uses school action research with two cycles. The results of the research are an assessment of the teacher's ability to prepare a Learning Implementation Plan (RPP) after carrying out academic supervision in cycle I, in the adequate category with a score of 72.94 and in cycle II in the good category with a score of 85.93. The assessment of learning implementation in cycle I was in the adequate category with a score of 72.87 and in cycle II in the good category with a score of 86.74. The assessment of teacher professional competence in the first cycle was in the adequate category with a score of 66.24 and in the second cycle in the good category with a score of 88.75. Based on the results of data analysis, it was concluded that teacher performance at SD Negeri Lam Ilie, Aceh Besar Regency could be improved through academic supervision.</em></p> Lisa Firyani, Sariakin Sariakin, Mulia Putra Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2559 Sun, 04 Feb 2024 11:15:12 +0700 IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN BERDASARKAN DARI VARIASI GIZI DAN NUTRISI: DISCOVERY LEARNING PADA SEKOLAH DASAR https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2536 <p>Setiap tumbuhan memiliki komposisi gizi dan nutrisi yang berbeda-beda. Pemahaman akan konsep esensi variasi nutrisi dan gizi yang berbeda pada tiap tumbuhan dapat membantu pemilihan dan pemenuhan gizi yang seimbang. Melalui lensa analisi, penelitian ini bertujuan untuk membedah variasi nutrisi yang ditemukan dalam spesies tanaman yang berbeda dan menyoroti pentingnya keragaman makanan bagi kehidupan dibumi. Sample dipilih berdasarkan metode stratified random sampling, termasuk mangga, bit, jagung, pisang, apel, wortel, bayam, dan kembang kol. Kandungan vitamin dianalisis. Secara khusus tingkat vitamin ditentukan dengan menggunakan metode reduksi pewarna diklorofenol indofenol, metode kolorimetri, dan metode fluorometri. Penelitin ini menemukan bahwa kandungan unsur vitamin bervariasi antara 0,08-3,18mg/100ml. Hasil ini menunjukkan bahwa tumbuhan yang disebutkan banyak mengandung nutrisi dan gizi. Oleh karena itu, mereka harus dimasukkan dalam pola makan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian tubuh.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>Each plant has different nutritional compositions. Understanding the concept on the essence of different nutritional variations in each plant can help in selecting and fulfilling a balanced diet. Through the lens of analysis, this research aims to dissect the nutritional variations found in different plant species and highlight the importance of food diversity for life on earth. Samples were selected using the stratified random sampling method, including mango, beetroot, corn, banana, apple, carrot, spinach, and cauliflower. The vitamin content was analyzed. Specifically, the levels of vitamins were determined using the dichlorophenol indophenol reduction method, colorimetric method, and fluorometric method. The research found that the vitamin content varied between 0.08-3.18mg/100ml. These results indicate that the mentioned plants contain a lot of nutrients and nutrition. Therefore, they should be included in the diet to meet the body's daily nutritional needs.</em></p> Lili Kasmini Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2536 Sun, 04 Feb 2024 12:10:47 +0700 PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU YANG BERBASIS IT DI SD GUGUS XIX DHAM LUBOK https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2560 <p>Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yang Berbasis IT dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yang berbasis IT di SD Gugus XIX Dham Lubok Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yang Berbasis IT di Gugus XIX Dham Lubok yaitu sekolah sebagai pemimpin, edukator, dan motivator. Sebagai pemimpin, kepala sekolah mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif dan membangun komunikasi yang baik dengan para guru untuk mengetahui dan mencari solusi terkait dengan apa yang dibutuhkan oleh guru terkait dengan penggunaan IT dalam pembelajaran. Sebagai edukator, kepala sekolah memberikan bimbingan, arahan, dorongan dan bahkan juga membuat pelatihan tentang cara mengoperasikan IT yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas, akan tetapi hal ini tidak berjalan mulus, karena para guru yang sudah berumur susah untuk diarahkan untuk mampu menguasai IT dalam pembelajaran. Sebagai motivator, berperan dalam memberikan motivasi kepada guru agar mampu menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT, kepala sekolah juga memberikan penghargaan kepada guru-guru yang berprestasi termasuk berprestasi dalam pemanfaatan IT sebagai media pembelajaran di kelas.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>The aim of this research is to determine the role of school principals in improving the pedagogical competence of IT-based teachers and to find out the obstacles faced by school principals in improving the pedagogical competence of IT-based teachers at Cluster XIX Elementary School Dham Lubok, Aceh Besar. This research uses a qualitative approach with data collection techniques through in-depth interviews and observation. Meanwhile, data analysis techniques include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of research in the field show that the role of the principal in improving the pedagogical competence of IT-based teachers in Cluster XIX Dham Lubok is that of the school as a leader, educator and motivator. As a leader, the principal is able to create a conducive working atmosphere and build good communication with teachers to find out and find solutions regarding what teachers need regarding the use of IT in learning. As an educator, the principal provides guidance, direction, encouragement and even provides training on how to operate IT which can be used as a learning medium in the classroom, but this does not go smoothly, because older teachers find it difficult to direct them to do this. do this. can master IT. in learning. As a motivator whose role is to motivate teachers to be able to use IT-based learning media, the principal also gives awards to teachers who excel, including those who excel in using IT as a learning media in the classroom.</em></p> Eli Sumarni, Akmaluddin Akmaluddin, Rahmattullah Rahmattullah Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2560 Sun, 04 Feb 2024 12:26:01 +0700 OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN ACEH BESAR https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2554 <p>Tujuan penelitian ini yaitu optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu sekolah dasar (SD) di Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan kepala kepala sekolah dan para guru dengan metode penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penilitan menunjukkan bahwa perencanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam peningkatan mutu Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Besar khususnya di SDN Lampeuneurut, SDN Lapeng dan SDN Indrapuri dilakukan dengan kebutuhan melalui kegiatan rapat. Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana di SDN Lampeuneurut, SDN Lapeng dan SDN Indrapuri dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menunjang dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, di SDN Lapeng masih mengalami kesulitan dalam meningkatkan mutu sekolah, karena masih banyak kebutuhan fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang belum terpenuhi.<br><br><br><strong>Abstract&nbsp;<br></strong><em>The aim of this research is to optimize the management of facilities and infrastructure in improving the quality of elementary schools in Aceh Besar Regency. The type of research used is qualitative descriptive research, namely the researcher observes and interacts with school principals and teachers using research methods through interviews, observation and documentation. The research results show that planning for the management of educational facilities and infrastructure in improving the quality of elementary schools in Aceh Besar Regency, especially at Lampeuneurut State Elementary School, Lapeng State Elementary School and Indrapuri State Elementary School, is carried out according to the needs through meeting activities. Optimizing the management of facilities and infrastructure at Lampeuneurut State Elementary School, Lapeng State Elementary School and Indrapuri State Elementary School is carried out to meet the needs for facilities and infrastructure so that teaching and learning activities can run well and support improving the quality of education. However, the Lapeng State Elementary School is still experiencing difficulties in improving the quality of the school, because there are still many needs for school facilities and infrastructure that have not been met.</em></p> Miswardi Miswardi, Mukhlisuddin Mukhlisuddin, Rahmattullah Rahmattullah Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2554 Mon, 05 Feb 2024 00:00:00 +0700 KONTRIBUSI GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2555 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kinerja guru yang dibangun berdasarkan hubungan kausal asosiatif antara variabel eksogenus dengan variabel endogenus kinerja guru untuk diterapkan secara adaftif di SD Negeri Kecamatan Indrapuri&nbsp; Kabupaten Aceh Besar, kontribusi gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri&nbsp; di Kecamatan Indrapuri, kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Indrapuri, dan kontribusi gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap&nbsp; kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Indrapuri. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif. Sampel dalam peneltian ini berjumlah 62 orang yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan kinerja guru dengan ry1 sebesar 0,74 koefisien determinasi sebesar 0,55, kemudian&nbsp; memberikan sumbangan yang efektif sebesar 47,63%, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru dengan ry2 sebesar 0,25 koefifisien determinasi sebesar 0,585, kemudian memberikan sumbangan yang efektif sebesar 10,87%, terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara gaya epemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan ry12 sebesar 0,765 koefisien determinasi sebesar 0,585, kemudian memberikan sumbangan efektif sebesar 63,20%.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>This research aims to determine the teacher performance model which is built based on associative causal relationships between exogenous variables and endogenous variables of teacher performance to be applied adaptively in State Elementary Schools, Indrapuri District, Aceh Besar Regency, the contribution of the principal's participative leadership style to the performance of State Elementary School teachers in the District. Indrapuri, the contribution of work motivation to the performance of State Elementary School teachers in Indrapuri District, and the contribution of the principal's participative leadership style and teacher work motivation to the performance of State Elementary School teachers in Indrapuri District. The research method is quantitative, descriptive correlational study type with a correlative study pattern. The sample in this research was 62 people taken randomly. The results of the research show that there is a positive and significant relationship between the principal's participative leadership style and teacher performance with ry1 of 0.74, coefficient of determination of 0.55, then providing an effective contribution of 47.63%, there is a positive and significant relationship between work motivation with teacher performance with ry2 of 0.25, the coefficient of determination is 0.585, then provides an effective contribution of 10.87%, there is a positive and significant relationship simultaneously between the principal's participative leadership style and work motivation on teacher performance with ry12 of 0.765 the coefficient of determination is 0.585, then provides an effective contribution of 63.20%.</em></p> Lilis Triana, Sariakin Sariakin, Rahmatullah Rahmatullah Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2555 Mon, 05 Feb 2024 12:45:01 +0700 EFEKTIFITAS PENGGUNAAN DANA BOSP PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERDASARKAN MODEL CIPP DI KABUPATEN ACEH BESAR https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2556 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan dana BOSP pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui peningkatan mutu Pendidikan berdasrkan model CIPP pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Survei dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian menunjukkan keberhasilan signifikan dalam pengelolaan Dana BOS di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Aceh Besar. Kepala Sekolah efektif mengarahkan penggunaan dana, Komite Sekolah berperan aktif dalam perencanaan, dan Guru turut serta dalam peningkatan fasilitas dan motivasi siswa. Kolaborasi antar stakeholder menciptakan lingkungan pendidikan inklusif, menghasilkan peningkatan mutu pendidikan yang nyata. Rekomendasi positif melibatkan pemeliharaan kolaborasi, menjadikan model pengelolaan Dana BOS sebagai contoh terbaik, dan memberikan pengakuan pada semua kontributor. Pengelolaan Dana BOS direspon positif oleh Komite Sekolah, dengan fokus pada perencanaan, transparansi, dan evaluasi berkelanjutan. Peran vital Bendahara BOS dalam alokasi dana dan evaluasi program terlihat, menciptakan landasan keuangan yang kuat. Guru-guru menunjukkan keterlibatan tinggi dalam perencanaan dan pengelolaan Dana BOS, mencerminkan semangat tim dalam mencapai peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan fasilitas dan partisipasi siswa.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>This research aims to determine the effectiveness of the use of Education Unit Operational Assistance funds at State Elementary Schools in Aceh Besar Regency and determine the improvement in the quality of education based on the Context evaluation, Input Evaluation, Process evaluation, and Product evaluation models at State Elementary Schools in Aceh Besar Regency. This research is a type of survey research with quantitative methods. The results of the research show that the research has shown significant success in managing School Operational Assistance funds in public elementary schools in Aceh Besar Regency. The Principal effectively directs the use of funds, the School Committee plays an active role in planning, and Teachers also play an active role in improving facilities and student motivation. Collaboration between stakeholders creates an inclusive educational environment, resulting in real improvements in the quality of education. Positive recommendations include maintaining collaboration, making the School Operational Assistance Fund management model the best example, and providing recognition to all contributors. Management of School Operational Assistance funds received a positive response from the School Committee, with a focus on planning, transparency and ongoing evaluation. The important role of the School Operational Assistance Treasurer in allocating funds and program evaluation is clearly visible, thereby creating a strong financial foundation. Teachers show high involvement in the planning and management of the School Operational Assistance Fund, which reflects the team's spirit in achieving improvements in the quality of education through improving facilities and student participation.</em></p> Syarifuddin Syarifuddin, Rahmattullah Rahmattullah, Akmaluddin Akmaluddin Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2556 Mon, 05 Feb 2024 13:02:49 +0700 PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK WILAYAH I KABUPATEN ACEH BESAR https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2557 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di TK Wilayah I Kabupaten Aceh Besar, Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di TK Wilayah 1 Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 89 guru. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan secara acak dan diperoleh sampel sebanyak 111 guru, instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket.&nbsp; Hasil penelitian ini adalah diperoleh hubungan positif dan signifikan secara langsung antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan prestasi guru, kemudian diperoleh korelasi simultan sebesar 0,911, kemudian diperoleh pula koefisien determinasi sebesar 0,911%. Artinya semakin tinggi pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, maka akan semakin tinggi pengaruhnya terhadap kinerja guru di TK Wilayah 1 Kabupaten Aceh Besar.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>This study aims to determine the effect of the Principal's Managerial Ability on Teacher Performance in Kindergarten Region I Aceh Besar Regency, The research method used is the Quantitative Research method. The population in this study was all teachers in kindergarten Region 1 Aceh Besar Regency which amounted to 89 teachers. While the sample of this study was randomly determined and obtained a sample of 111 teachers, the research instrument used for data collection was a questionnaire.&nbsp; The result of this study is that there is a positive and directly significant relationship between the principal's managerial ability and teacher performance, then a simultaneous correlation of 0.911 was obtained, then a determination coefficient of 0.911% was also obtained. This means that the higher the influence of the principal's managerial ability on teacher performance, the higher it will affect teacher performance in Kindergarten Region 1 Aceh Besar Regency.</em></p> Evi Yani Zulfahanim, Musdiani Musdiani, Rahmattullah Rahmattullah Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2557 Mon, 05 Feb 2024 00:00:00 +0700 MODEL SEKOLAH BERMUTU BERBASIS “QUALITY ASSURANCE” (Studi Kasus di Muamalat Solidarity Boarding School [MSBS]) https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2552 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menganalisis dan membangun model sekolah bermutu yang diselenggarakan secara khas di <em>Muamalat Solidarity Boarding School</em> Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini ditemukan sebagai berikut: (1) sekolah mendapatkan dukungan total dari Yayasan, pemerintah, orang tua/wali siswa, dan masyarakat sekitar sekolah, (2) sekolah merumuskan arah pendidikan secara jelas dan terencana, yang tercermin dari visi, misi, motto dan tujuan pendidikan, (3) sekolah mengimplementasikan manajemen mutu total, (4) sekolah memiliki standar pelayanan minimal, (5) sekolah memenuhi 8 standar nasional pendidikan, (6) sekolah memiliki 13 <em>quality assurance</em>, dan (7) sekolah memiliki semangat berprestasi, lulusan berdaya saing, dan tersertifikasi. Rumusan model ini dinamai “model sekolah bermutu berbasis <em>quality assurance</em>”.<br><br><br><strong>Abstract</strong><br><em>This research aims to describe, analyze and build a quality school model that is uniquely organized at Muamalat Solidarity Boarding School Aceh Besar Regency. This research uses a descriptive qualitative approach with a type of field research and uses a case study research design. The research data was collected through interview, observation, and documentation study techniques and data analysis was carried out using the Miles and Huberman interactive model data analysis technique. The results of this study were found as follows: (1) the school receives total support from the Foundation, the government, parents/guardians and the community around the school, (2) the school formulates a clear and planned direction for education, which is reflected in the vision, mission, motto and educational objectives, (3) the school implements total quality management, (4) the school has minimum service standards, (5) the school meets the 8 national standards of education, (6) the school has 13 quality assurance, and (7) the school has a spirit of achievement, competitive and certified graduates. The formulation of this model is called the “quality assurance-based quality school model”.</em></p> Al Fajri Kamal Ayu, Musdiani Musdiani, Rita Novita Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2552 Mon, 05 Feb 2024 16:55:44 +0700 ANALISIS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2577 <p>Manajemen kepala sekolah merupakan proses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengawasi seluruh sumber daya sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses perencanaan; (2) Pelaksanaan proses pengorganisasian; (3) Pelaksanaan program; dan (4) Pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari; kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, ketua kelompok kerja guru dan pengawas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses perencanaan yang dirancang oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi pembentukan Tim Penilai Kinerja Guru, menetapkan Surat Keputusan Tim Penilai Kinerja Guru dan&nbsp; Sosialisasi program; (2) Pelaksanaan proses pengorganisasian diawali dengan pembentukan tim pengembang yang bertugas mengatur jadwal dan kegiatan awal organisasi, menentukan mekanisme pelaksanaan organisasi meliputi jadwal, materi, tutor pemandu dan sertifikat; (3) Pelaksanaan program kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi peningkatan disiplin dengan menentukan jadwal hadir pukul 07.00-07.15, menugaskan guru piket mengisi Laporan Kegiatan Harian. Peningkatan motivasi diisi dengan berbagai pelatihan termasuk pemberian <em>reward and punishment</em>. Supervisi dilaksanakan sesuai jadwal dan instrumen yang telah disosialisasikan; (4) Pengawasan yang dilaksanakan mencakup monitoring dan evaluasi program disiplin dan motivasi guru secara berkala dan program supervisi yang dilaksanakan dalam satu semester sebanyak dua kali atau empat kali setahun.</p> Nasriah, Mulia Putra, Mardhatillah Mardhatillah Copyright (c) 2024 Visipena https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2577 Mon, 19 Feb 2024 12:46:08 +0700