PENGARUH METODE BERMAIN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjudul “Pengaruh Metode Bermain Sentra Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Permata Sunnah Banda Aceh” dengan rumusan masalah 1. Apakah metode bermain sentra bahan alam berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Permata Sunnah Banda Aceh?. 2. Bagaimanakah perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Permata Sunnah Banda Aceh?. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Sentra Bahan Alam Kelompok B TK Permata Sunnah Banda Aceh sebanyak 25% yang berjumlah 12 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar obsevasi anak didik. Penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Bermain Sentra Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B TK Permata Sunnah Banda Aceh dan Bagaimanakah perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Permata Sunnah Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di TK Permata Sunnah Banda Aceh pada tanggal 23 maret 2015 sampai dengan tanggal 06 april 2015. Penelitian ini terdiri dari empat kali pertemuan dua kali untuk pertemuan pre-test dan dua kali untuk pertemuan post-test dari dua kegiatan yaitu bubur Koran dan melukis dengan 5 jari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode bermain sentra bahan alam kelompok B TK Permata Sunnah Banda Aceh berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa dengan metode bermain sentra bahan alam berpengaruh terhadap perkembahan kreativitas anak, dimana observasi awal BB 0% , MB 0%, BSH 94% dan BSB 6%. Dan pada observasi akhir BB 0% MB0% BSH 0% dan BSB 100%, dan dengan observasi akhir ini penelitian dapat dikatakan berhasil karena data yang diinginkan telah diperoleh anak kelompok B TK Permata Sunnah Banda aceh ternyata dapat berhasil dengan maksimal dan tercapai criteria keberhasilan yang ditetapkan.
References
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Beck Joan. 2003. Meningkatkan Kecerdasan Anak. PT. Pustaka Delapratasa.
Fadlillah Muhammad. 2012. Desain Pembelarajan. Ar-ruzz Media. Jogjakarta.
Kamtini, Tanjung Wardi Husni. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman kanak-kanak. Direktorat pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Jakarta
Latif Muchtar dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Lusiana Essa. 2014. (Skripsi: Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Bermain Lego. Jakarta.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. PT Rineka Cipta . Jakarta.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Patmonodewo Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Rachmawati Yeni, Kurniati Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Kencana Penada Media Group. Jakarta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sujiono Nurani Yuliani, Sujiono Bambang. 2010. Bermain Kreatif. PT Indeks. Jakarta.
Suratno, 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Suyanto Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Hikayat Publishing. Yogyakarta.
Wahyudin. 2007. Anak Kreatif. Gema Insani. Jakarta.
PDF downloads: 618