ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM PERIBAHASA PADA BUKU SATU TIKET KE SURGA JILID 2 KARYA ZABRINA A. BAKAR

  • Rika Kustina STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Yusrawati JR Simatupang STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Nilai karakter, Peribahasa

Abstract

Karakter merupakan sifat, akhlak, atau budi pekerti yang dimiliki oleh setiap manusia. Nilai-nilai karakter banyak juga dijumpai dalam peribahasa. Peribahasa merupakan kelompok kata yang tepat susunannya dan memiliki arti khusus atau kias. Pesan singkat dalam peribahasa dapat memberikan makna cerminan nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan motivasi dan prinsip hidup.Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah mencari nilai-nilai karakter yang terkandung dalam peribahasa pada buku Satu Tiket ke SurgaJilid 2 karya Zabrina A. Bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan menjabarkan tentang nilai-nilai karakter yang terkandung dalam peribahasa pada buku Satu Tiket ke Surga Jilid 2.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data digunakan teknik analisis dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif.Sumber data penelitian ini adalah buku Satu Tiket ke Surga Jilid 2 karya Zabrina A. Bakar. Nilai karakter yang dibahas hanya nilai karakter yang terkandung dalam peribahasa  pada buku Satu Tiket ke Surga Jilid 2 yaitu nilai karakter yang diangkap lebih urgen dalam kehidupan. Hasil penelitian ini diperoleh 14 nilai karakter yaitu (1) kasih sayang, (2) peduli/tolong menolong, (3) Pemaaf, (4) cinta damai, (5) ramah tamah, (6) relegius, (7) jujur, (8) menyesuaikan diri/bijaksana, (9) Bersahabat/komunikatif, (10) berprasangka baik, (11) sabar (12) wawas diri, (13) menghargai orang lain/ toleransi,  dan (14) beradab/berkomunikasi dengan baik. Kesemua nilai karakter tersebut merupakan nilai karakter yang sangat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Agni, Binar. 2008. Sastra Indonesia Lengkap.Jakarta: Hi-Fest Publishing.

Alwi, Hasan, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pustaka Bahasa Edisi ke empat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Bakar, Zabrina A. 2008. Satu Tiket ke Surga 2. Jakarta: PT. Cahaya Intan Suci.

Rosdiyanto, Kaka. dkk. 2007. Inti Sari Sastra Indonesia. Jakarta: CV. Pustaka Setia.

Samani, Muchlas. Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Article Metrics
Abstract views: 49
pdf downloads: 128
Published
2014-07-31
How to Cite
Rika Kustina, & Yusrawati JR Simatupang. (2014). ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM PERIBAHASA PADA BUKU SATU TIKET KE SURGA JILID 2 KARYA ZABRINA A. BAKAR. Jurnal Metamorfosa , 2(2), 53-60. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/110
Section
Articles