PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK

  • Yusrawati JR Simatupang STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Writing, Text Procedure, Model Pair Checks

Abstract

Writing is an activity of delivering messages, ideas, feelings, and information in writing to others. One of the writing activities studied in class VII is the writing of the procedure text. Based on the initial observation in SMP Negeri 8 Banda Aceh obtained the idea that the ability of students to write the correct procedure text is still lacking. So the research aims to determine the enhancement of the procedure text writing method with a model learning pair checks in students of class VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh. This type of research is class action research (CAR). The research subject is a grade VII-1 student numbering 27 people. Data collection is done by providing tests to students. The results showed that students ' writing skills in the I cycle of the average value of the student test was 74, including the incomplete cathedral. Furthermore, in the cycle II the average grade test of students is 84 then the learning will already include complete category. Based on the data it can be concluded that the study pair checks can improve the ability of students in writing.

Abstrak

Menulis  merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan, gagasan, perasaan, dan informasi secara tertulis kepada pihak lain. Salah satu kegiatan menulis yang dipelajari di kelas VII yaitu menulis teks prosedur. Berdasarkan  observasi awal di SMP Negeri 8 Banda Aceh diperoleh gambaran bahwa   kemampuan siswa menulis teks prosedur secara tepat masih kurang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan model pembelajaran pair checks pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa pada siklus I nilai rata-rata tes siswa adalah 74 maka termasuk katergori belum tuntas. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata tes siswa adalah 84 maka ketuntasan belajar sudah termasuk kategori tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pair checks dapat meningkatkan kemampuan kemampuan siswa dalam menulis.

Kata Kunci :Menulis, Teks Prosedur, Model Pair Checks

References

Ahmad, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tepadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2).

Dana. (2008). Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Hasan. (2009). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasan dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Ridwanuddin, Dindin. (2015). Bahasa Indonesia. Ciputat: UIN Press.

Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-51.

Rusman. (2013). Metode-metode Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmini. (2018). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SM Pangkep. (http:unnes.ac.id) Diakses 29 Januari 2019.

Sartika, N. S. (2019). Pengembangan Model Pair Check Untuk Menghindari Mind In Chaos Siswa Kelas X Terhadap Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 97-104.

San Fauziya, D. (2018). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta dalam Meningkatkan Kemampuan menulis Argumentasi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).

Sugiyantoko, A. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Check dan Think Pair Share Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 16(3).

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Winarsih, A. D. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Pada Kelas X-IPA 3 SMAN Candipuro Lumajang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(2), 122-132.

Wijianingsih, S., Darminto, B. P., & Nugraheni, P. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair.

Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2), 104445.

Yantiani, N. M., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2013). Pembelajaran kooperatif pair check berpengaruh terhadap hasil belajar materi bangun ruang dan bangun datar siswa Kelas IV Gugus IV Semarapura. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Article Metrics
Abstract views: 3536
pdf downloads: 2221
Published
2020-07-30
How to Cite
Simatupang, Y. J. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK. Jurnal Metamorfosa , 8(2), 191-206. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139
Section
Articles