SISTEM PENUNJANG DAN SARANA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK
Abstract
Pemerolehan bahasa atau akuisisi bahasa adalah proses yang berlangsung di dalam otak kanak-kanak ketika dia memperoleh bahasa pertamanya atau bahasa ibunya. Pemerolehan bahasa biasanya dibedakan dengan pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa berkaitan dengan proses-proses yang terjadi pada waktu seorang kanak-kanak mempelajari bahasa kedua setelah dia memperoleh bahasa pertamanya. Performansi adalah kemampuan anak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dlah satu sistem penunjang pemerolehan bahasa kedua pada anak . Performansi terdiri dari dua proses, yaitu proses pemahaman dan proses penerbitan kalimat-kalimat. Proses pemahaman melibatkan kemampuan mengamati atau mempersepsi kalimat-kalimat yang didengar, sedangkan proses penerbitan melibatkan kemampuan menghasilkan kalimat-kalimat sendiri.
References
Chomsky, Noam. 1975. Reflections and Language. New York: Pantheon Books.
Ellis, Rod 1984. Classroom Second Language Development. Oxford: Pergamon.
Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition Oxford: Oxford University Press.
Gass, Susan M dan Selinker. 1994. Second Language Acquisition: An Introduction Course. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Giles, Fl dan J: Birne. 1982. An lntergroup Approach Second Language Acquisition. Jurnal of Multilingual and Multicultural Development, 3,17-40.
Hatctt, E. 1978a. Second Language Acquisition. Rowly, Mass: Newbury House.
Hymes, Dell. 1983. On Communicative Competence. Philadelpia: University of Pennsylvania Press.
pdf downloads: 144