SISTEM PENUNJANG DAN SARANA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK

  • Syafi’i Zaini Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah, Medan
Keywords: Sarana, Pemerolehan Bahasa, Sistem Penunjang

Abstract

Pemerolehan bahasa atau akuisisi bahasa adalah proses yang berlangsung di dalam otak kanak-kanak ketika dia memperoleh bahasa pertamanya atau bahasa ibunya. Pemerolehan bahasa biasanya dibedakan dengan pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa berkaitan dengan proses-proses yang terjadi pada waktu seorang kanak-kanak mempelajari bahasa kedua setelah dia memperoleh bahasa pertamanya. Performansi adalah kemampuan anak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dlah satu sistem penunjang pemerolehan bahasa kedua pada anak . Performansi terdiri dari dua proses, yaitu proses pemahaman dan proses penerbitan kalimat-kalimat. Proses pemahaman melibatkan kemampuan mengamati atau mempersepsi kalimat-kalimat yang didengar, sedangkan proses penerbitan melibatkan kemampuan menghasilkan kalimat-kalimat sendiri.

 

References

Chomsky, Noam. 1975. Reflections and Language. New York: Pantheon Books.

Ellis, Rod 1984. Classroom Second Language Development. Oxford: Pergamon.

Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition Oxford: Oxford University Press.

Gass, Susan M dan Selinker. 1994. Second Language Acquisition: An Introduction Course. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Giles, Fl dan J: Birne. 1982. An lntergroup Approach Second Language Acquisition. Jurnal of Multilingual and Multicultural Development, 3,17-40.

Hatctt, E. 1978a. Second Language Acquisition. Rowly, Mass: Newbury House.

Hymes, Dell. 1983. On Communicative Competence. Philadelpia: University of Pennsylvania Press.

Article Metrics
Abstract views: 85
pdf downloads: 134
Published
2015-07-31
How to Cite
Syafi’i Zaini. (2015). SISTEM PENUNJANG DAN SARANA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK. Jurnal Metamorfosa , 3(2), 41-44. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/130
Section
Articles