KAJIAN STRUKTURAL CERPEN KARANGAN SISWA KELAS IX MTS AL-FURQON KLARI KARAWANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  • Ulfa Siti Nurfalah Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Structural Study, Story Facts, Literary Tools, Lesson Plan

Abstract

This study aims to describe the structure of the story through intrinsic elements, namely the facts of the story and literary means contained in short stories written by students of class IX MTs Al-Furqon Klari Karawang and their use as a Learning Implementation Plan (RPP). Sources of data in this study were several short stories written by students of class IX MTs Al-Furqon Klari Karawang. The data in this study are statements or sentences written in short stories written by students describing Robert Stanton's structuralism and categorized into two parts, namely the facts of the story and literary means. The results of this study reveal that the short stories written by students of class IX MTs Al-Furqon Klari Karawang mostly describe the personal life experiences of the author. The short story composition has a story structure in terms of intrinsic elements, namely the facts of the story, namely in terms of plot, characters, setting and theme. Not only in terms of the facts of the story but literary means which can be divided into five parts, namely; title, point of view, style and tone, symbolism and irony.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur cerita melalui unsur intrinsik yakni fakta-fakta cerita dan sarana-sarana sastra yang terdapat dalam karangan cerpen karya siswa kelas IX MTs Al-Furqon Klari Karawang beserta pemanfaatannya sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa karangan cerpen siswa kelas IX MTs Al- Furqon Klari Karawang. Data dalam penelitian ini adalah pernyataan atau kalimat yang tertuang dalam teks cerpen karangan siswa yang mendeskripsikan strukturalisme Robert Stanton dan dikategorikan menjadi dua bagian yaitu fakta- fakta cerita dan sarana-sarana sastra. Hasil penelitian ini mengungkapakan bahwa pada karangan cerpen karya siswa kelas IX MTs Al-Furqon Klari Karawang ini sebagian besar menggambarkan pengalaman kehidupan pribadi pengarang. Karangan cerpen tersebut memilki struktur cerita dari segi unsur intrinsik yakni fakta-fakta cerita yaitu dari segi alur, karakter, latar dan tema. Tidak hanya dari segi fakta-fakta cerita melainkan sarana-sarana sastra yang dapat dibagi menjadi lima bagian yakni; judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme dan ironi. Karangan cerpen tersebut terdapat dua pokok pembahasan yang akan dianalisis yaitu, kajian struktural Robert Stanton dan pemanfaatannya sebagai rencana pelaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci: Kajian Struktural, Fakta-Fakta Cerita, Sarana-Sarana Sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

References

Alan. (2019). Kemampuan memahami struktur isi teks cerpen siswa Jakarta Kelas ix smp negeri 1 wawotobi. Pekanbaru. Jurnal Akrabjuara.

Arifiansyah, Ifandi. (2011). Kajian struktural dan nilai pendidikan novel 5cm Karya donny dhirgantoro. Surakrta: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Febriya, Dwi. Indah. (2019). Struktural berorientasi nilai pendidikan karakter Pada kumpulan cerpen pilihan kompas 2017 serta Relevansinya dengan materi pembelajaran Bahasa indonesia di sma.Bandung:Jurnal Wistara.

Islaca, ica. (2016). Kajian struktur dan nilai-nilai kearifan lokal dalam cerpen surat kabar di cirebon dan pemanfaatan hasil sebagai bahan ajar prosa fiksi di smp. Cirebon: Jurnal Master Thesis Universitas Indonesia.

Luxemburg, Jan Van. dkk. (1984). Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Maulina, Murni. Dkk. (2018) analisis strukturalisme todorov pada cerpen“monolog kucing” karya gilang rahmawati. Bandung: Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII.

Moleyong J, Lexy. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GPPres Grouf.

Nurgiantoro, Burhan. (1994). Teori Pengkajian Sastra. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Septiana, Husnul. Dkk. (2020). Kajian struktural dan nilai-nilai pendidikan dalam novel hayya karya helvy tiana rosa dan benny arnas. Surakarta:Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.

Setiawati, Eli. (2015). Kajian struktural dan nilai moral dalam Kumpulan cerpen kompas 2015 Serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar Bahasa dan sastra indonesia di smp. Subang: Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.

Stanton, Robert. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta Sugiyono. (2012). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Todorov. (2013). Teori Pengkajian Fiksi, dalam Nurgiyantor. No18. hlm 48-50.

Untari, Eta. Eva Dwi. (2010). Analisis struktural cerpen “pangeran bahagia” karya oscar wilde dan implementasinya sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah dasar. Yogyakarta:Jurnal Program Studi Keguruan dan Ilmu pendidikan.

Yanti, Emis. Armi. (2015). Moralitas dalam kumpulan cerpen senja dan cinta yang berdarah karya seno gumira ajidarma sebagai materi ajar bahasa dan sastra indonesia di sma. Semarang: Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni

Article Metrics
Abstract views: 77
pdf downloads: 22
Published
2021-02-03
How to Cite
Siti Nurfalah, U. (2021). KAJIAN STRUKTURAL CERPEN KARANGAN SISWA KELAS IX MTS AL-FURQON KLARI KARAWANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. Jurnal Metamorfosa , 9(1), 14-29. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1309
Section
Articles