ROMANTIKA KEHIDUPAN PADA LIRIK LAGU FOURTWNTY SEBAGAI PENGAYAAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DALAM MATERI PUISI DI SMA

  • Aditya Fatur Rochim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Een Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dian Hartati Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Poetry, Song Lyrics, Language Style, Interactive Teaching Materials

Abstract

This research is motivated by the fact that students do not understand language styles. This study aims to (1) describe the results of the language style analysis on the album "Lelaku" and "Ego and Brain Function". (2) compile interactive teaching materials for poetry in high school. This research uses descriptive qualitative method. The research subjects were 10 Fourtwnty songs. The object of research is the lines, phrases, or words in the song lyrics of Fourtwnty. The data collection technique used was documentation study and using internet media. The results of the study (1) show that 10 Fourtwnty songs use 22 types of language styles, namely simile, metaphor, allegory, personification, depersonification, antithesis, correction, hyperbole, oxymoron, climax, sarcasm, anastrophe and inversion, synekdoke, parallelism, euphemism, epithet, assonance, anaphora, epizuekis, anadilopsis, and epanalepsis. Based on a number of language styles found in the 10 songs of Fourtwnty, the meaning of the ten songs is that life has twists that force a person to keep learning and improving oneself. Everyone must aspire to happiness and serenity in life. However, on the other hand, a person must also be prepared to face life's problems. Grieving before being happy, grieving before being happy, or even getting lost before finding the right path. All of that is part of the romance of human life. (2) the results of the analysis are used as interactive teaching materials.

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi dengan adanya fakta bahwa siswa kurang memahami gaya bahasa. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan hasil analisis gaya bahasa pada album “Lelaku” dan ”Ego dan Fungsi Otak”. (2) menyusun bahan ajar interaktif materi puisi di SMA. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 10 lagu Fourtwnty. Objek penelitian adalah larik-larik, frasa, atau kata dalam lirik lagu Fourtwnty. Teknik pengumpulan data yang menggunakan studi dokumentasi dan memanfaatkan media internet. Hasil penelitian (1) menunjukan bahwa 10 lagu Fourtwnty menggunakan 22 jenis gaya bahasa yaitu gaya bahasa simile, metafora, alegori, personifikasi, depersonifikasi, antitesis, koreksi, hiperbola, oksimoron, klimaks, sarkasme, anastrof dan inversi, sinekdoke, paralelism, eufimisme, epitet, asonansi, anafora, epizuekis, anadilopsis, dan epanalepsis. Berdasarkan sejumlah gaya bahasa yang ditemukan pada 10 lagu Fourtwnty, maka makna yang tersimpul dari kesepuluh lagu tersebut bahwa kehidupan memiliki lika-liku yang memaksa seseorang harus tetap belajar dan memperbaiki diri. Semua orang pasti mencita-citakan kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup. Tetapi, di sisi lain seseorang juga harus siap menghadapi berbagai permasalahan hidup. Berduka sebelum bahagia, bersedih sebelum senang, atau bahkan tersesat sebelum menemukan jalan yang benar. Semua itu adalah bagian dari romantika kehidupan manusia. (2) hasil analisis dimanfaatkan menjadi bahan ajar interaktif.

Kata Kunci: Puisi, Lirik Lagu, Gaya Bahasa, Bahan Ajar Interaktif

References

Astuti, Sri dan Pindi. 2019. Analisis Gaya Bahasa dan Pesan-Pesan Pada Lirik Lagu Iwan Fals dalam Album 1910. Jurnal Kansasi. 4 (2): 146-150.

Despriyanti, Risma dkk. 2018. Analisis Gaya Bahasa Pada Puisi “Aku” Karya Chairil Anwar. Parole. 1 (2): 165-170.

Faoziah, Ikoh. 2018. Gaya Bahasa pada Lirik Lagu dalam Album Gajah Karya Tulus. Diaglosia Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Sastra Indonesia. 2 (2) : 55-73.

Hermintoyo. 2017. Kode Bahasa dan Sastra Kalimat Metaforis Lirik Lagu Populer. Semarang. Gigih Pustaka Mandiri.

Hudaa, Syuhaabul.2017. Gaya Bahasa pada Lirik-Lirik Lagu Karya Iwan Fals Dalam Album 50:50 2007 Indonesian Journal of Applied Linguistic Review. 2 (1): 1-8.

Ilyas, dan R. Mursid. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. 2 (2): 142-155.

Jamilah, Nur dkk. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’ dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. DIGLOSIA. 3 (1); 14-23.

Kasmi, Hendra. 2020. Kajian Majas Pada Artikel Jurnalisme Warga Serambi Indonesia. Jurnal Metamorfosa. 8 (2): 219-230.

Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia

Nurhapipah. 2017. Gaya Bahasa Lirik Lgu Album Kamar Gelap Karya Band Efek Rumah Kaca. DIKSATRASIA. 1 (2): 276-279.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

R, Weni dkk. 2017. Mengenal Seni Musik dan Lagu. Jakarta. Mediantara Semesta

Ratna, Nyoman Kutha. 2017. Stilistika Kajian Puitika Bahsa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Rosmini, DKK. 2017. Diksi dan Gaya Bahasa Syair Lagu Karya Didi Kempot. Bahasantodea. 5 (2): 92-101.

Tarigan, Henry Guntur.2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung. ANGKASA.

Tesniyadi, Dema. 2016. Analisis Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Album Bila Tiba OST Sang Kiai Grup Band Ungu dan Implikasinya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Puisi di SMP. Jurnal Membaca. 1 (2): 137-141.

Yusniar, Rendy Langgeng Tri, DKK. 2018. Analisis Stilistika pada Lirik Lagu Sheila on 7 dalam Album Menentukan Arah Serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMP. BASASTRA Jurnah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 6 (2): 158-166.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta. Erlangga.

Article Metrics
Abstract views: 242
pdf downloads: 213
Published
2021-01-31
How to Cite
Rochim, A. F., Nurhasanah, E., & Hartati, D. (2021). ROMANTIKA KEHIDUPAN PADA LIRIK LAGU FOURTWNTY SEBAGAI PENGAYAAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DALAM MATERI PUISI DI SMA. Jurnal Metamorfosa , 9(1), 57-68. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1325
Section
Articles