PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS CERPEN BERDASARKAN STRUKTUR TEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

  • Rika Kustina STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Marhamah STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Struktur Teks Cerpen, Number Heads Together, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya aspek menulis, sering mengalami kesulitan dalam hal pengungkapan ide. Peranan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap permasalahan pembelajaran. Penelitian dengan judul Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen berdasarkan  Struktur Teks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam materi menyusun teks cerpen berdasarkan struktur teksnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan tipe one group pre tes post test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 247 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII1 berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik tes bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai struktur teks cerpen, sedangkan angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT. Selanjutnya, Data dianalisis dengan menggunakan rumus t-hitung. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai thitung (7,33) > ttabel (2,056)dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap kemampuan menyusun teks cerpen berdasarkan struktur teks pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh” dapat diterima dengan baik.

References

Arikunto, Sharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Metodelgi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Hardini, Isriani. 2012. Strategi pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Group Relasi Inti Media.

Haidir dan Salim. 2012. Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Hamid. 2011.Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Huda. 2011. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo Jaya.

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2011. Kooperatif Learning. Alfabeta.

Kagan. 1992.Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Grafindo Jaya.

Kosasih, dkk. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kosasih. 2008. Perkembangan Bahasa Anak. Jakarta: Balai Pustaka.

Krismasanti. 2009.Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2010. Cooperatif Learning. Jakarta: PT Gramedia.

Mahsun. 2005. Teknik Pengumpulan Data. Jakarta: Rineka Cipta.

fNurgiantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press.

Article Metrics
Abstract views: 176
pdf downloads: 303
Published
2015-07-31
How to Cite
Rika Kustina, & Marhamah. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS CERPEN BERDASARKAN STRUKTUR TEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH. Jurnal Metamorfosa , 3(2), 64-74. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/133
Section
Articles