STRUKTUR DAN BAHASA SURAT LAMARAN KERJA PADA UNIT CAREER DEVELOPMENT CENTER (CDC) POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

  • Wahdaniah Politeknik Negeri Lhokseumawe
Keywords: surat lamaran kerja, struktur surat, bahasa surat

Abstract

Penelitian ini berupaya mencari solusi agar penulisan surat lamaran kerja yang dihasilkan dapat berkualitas dari segi struktur dan bahasanya. Mengingat pentingnya surat dalam kegiatan berkomunikasi maka penulisan surat perlu mendapat perhatian serius, baik dari segi penampilan fisik maupun penampilan bahasanya. Kenyataan di lapangan menunjukkan masih dijumpai adanya berbagai kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja.  Berdasarkan hal tersebut penelitian ini difokuskan pada “Analisis Struktur dan Bahasa Surat Lamaran Kerja pada Unit Career Development Center (CDC) Politeknik Negeri Lhokseumawe.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan bahasa surat lamaran kerja pada Unit Career Development Center (CDC) Politeknik Negeri Lhokseumawe. Struktur surat lamaran kerja merupakan format surat yang meliputi kepala surat (nama pribadi, alamat lengkap, nomor telepon dan alamat e-mail ataupun situs), lampiran, perihal, tanggal surat, alamat dalam, dan salam pembuka), bagian isi (paragraf isi), dan bagian penutup (salam penutup, tanda tangan,  dan nama terang. Bahasa surat yang dimaksud meliputi tata tulis setiap bagian surat (EYD) dan penyusunan kalimat. Data penelitian ini adalah kumpulan surat lamaran kerja dalam satu tahun terakhir pada Unit Career Development Center (CDC) Politeknik Negeri Lhokseumawe. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis ini adalah teknik deskriptif. Tujuan dari analisis deskriptif adalah untuk memperoleh gambaran secara mendalam tentang keadaan sebenarnya. Kesalahan umum dalam surat-menyurat yang paling sering terjadi adalah kesalahan struktur dan bahasa dalam surat. Dalam pembahasan surat-surat lamaran kerja yang diajukan oleh palamar melalui Unit CDC Politeknik Negeri Lhokseumawe, terdapat beberapa kekurangcermatan yang kami temukan.  Mengenai struktur surat, berdasarkan hitungan persen, sebanyak 17,14% surat yang memiliki struktur lengkap dan 82,85% surat yang memiliki struktur kurang lengkap. Penerapan EYD dalam surat lamaran kerja yang dianalisis ini bisa dikatakan 100% memiliki kesalahan dan ketidakcermatan. Begitu juga dengan penyusunan kalimat, rata-rata surat yang penulis analisis ternyata masih banyak yang kurang tepat penempatannya.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Rineka Cipta. Jakarta.

Badudu, J.S. 1989. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: Gramedia.

Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Finoza, Lamuddin. 2009. Aneka Surat Sekretaris dan Bisnis Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Marjo, Y.S. 2005. Surat Menyurat Lengkap. Jakarta: Setia Kawan.

Rizal, Yose. 2003. Komponen-komponen Dasar Korespondensi. Jakarta: Aneka Ilmu.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugono, Dendy. 1994. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Trigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widjayanti, Sri. 2006. Kesalahan dan Penggunaan Kalimat pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Nonbahasa dan Sastra Indonesia. Malang: Program Pascasarjana Universitas Madura.

Article Metrics
Abstract views: 10926
pdf downloads: 3549
Published
2015-07-31
How to Cite
Wahdaniah. (2015). STRUKTUR DAN BAHASA SURAT LAMARAN KERJA PADA UNIT CAREER DEVELOPMENT CENTER (CDC) POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE. Jurnal Metamorfosa , 3(2), 85-111. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/136
Section
Articles