KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER I PRODI PBSID STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH DALAM MENJAWAB BUTIR SOAL C4 RANAH KOGNITIF PADA PENGGUNAAN TANDA BACA
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa semester I Prodi PBSID STKIP Bina Bangsa Getsempena dalam menjawab butir soal C4 ranah kognitif pada penggunaan tanda baca. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I Prodi PBSID STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan. Sampel yang digunakan adalah 25 orang yang mengikuti tes dalam menjawab butir soal C4 ranah kognitif pada penggunaan tanda baca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunanakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester I Prodi PBSID STKIP Bina Bangsa Getsempena menjawab butir soal C4 ranah kognitif pada penggunaan tanda baca memperoleh nilai 61. Berdasarkan pentunjuk penilaian, nilai rata-rata tersebut berada pada kategori cukup. Jika dilihat dari persentase, mahasiswa yang memperoleh nilai sangat baik (85 – 100) adalah 2 orang atau 8%, mahasiswa yang memperoleh nilai baik (70 – 84) adalah 5 orang atau 20%, mahasiswa yang memperoleh nilai cukup (56 – 69) adalah 7 orang atau 28%, mahasiswa yang memperoleh nilai kurang (40 – 55) adalah 10 orang atau 40%, dan mahasiswa yang memperoleh nilai sangat kurang (£ 39) adalah 1 orang atau 4%. Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini, yaitu (1) dapat menjadi pedoman dosen dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa mengusai penggunaan tanda baca, (2) dapat dijadikan ukuran tentang penguasaan tanda baca pada mahasiswa semester I Prodi PBSID STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, dan (3) dapat menambah pengetahuan peneliti terhadap kemampuan mahasiswa semester I Prodi PBSID STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Jadi, kemampuan mahasiswa Semester I Prodi PBSID STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh masih belum memuaskan dan memerlukan peningkatan.
References
Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal dkk. 2006. Cermat Berbahasa untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: CV Akademika Pressindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Athanassiou, Nicholas dkk. 2003. Critical Thinking in the Management Classroom: Bloom's Taxonomy as a Learning Tool. Journal of Management Education, (online). Vol. 27 No. 5. (http://jme.sagepub.com/-content/27/5/533, diakses 14 April 2014).
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Pengembangan Media Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Hartono. 2008. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mangkuatmodjo, Soegiarto. 2003. Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Mustakim. 1992. Tanya jawab Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Garamadia Pustaka Utama.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Cetakan VI. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Purwanto, M. Ngalim (Ed.). 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Thoha, M. Chabib. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
pdf downloads: 55