ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP PADA MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK DI MASA WABAH COVID 19

  • Muhammad Zikri Wiguna IKIP PGRI Pontianak
  • Dini Hajjafiani IKIP PGRI Pontianak
Keywords: Study Process, Online, Whatsapp

Abstract

The purpose of this research is to find out the online learning process of students of the Institute of Teacher Sciences of the Republic of Indonesia Pontianak, especially the Indonesian Language and Literature Education Study Program 2021 in the Learning Media course. This research was conducted in one semester. The methods in this study used descriptive methods. The subject of this study was a grade A morning 4th semester student. Data sources are collected from Students. Data collection techniques are interviews, questionnaires, and document studies. The data is analyzed using critical analysis. The results showed that the use of Whatsapp application in the online learning process has a varied influence and difficulty level of students. Based on the results of interviews with students it is known that the online learning process using the Whatsapp application is very petrifying and effectively used in the Online learning process. Similarly, the results of the poll students showed 82.3% results for the learning process, the data analysis can be concluded that the online learning process using whatsapp application is highly recommended and worthy to be used in the online learning process during the Covid 19 Pandemic.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran daring  mahasiswa Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021 dalam mata kuliah Media Pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam satu semester. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas A Pagi semester 4. Sumber data dikumpulkan dari Mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, angket, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Whatsapp dalam proses pembelajaran daring memiliki pengaruh dan tingkat kesukaran yang bervariasi dari mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa diketahui bahwa proses pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp sangat membatu dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran Daring. Begitu juga dengan hasil angket mahasiswa menunjukkan hasil 82,3% untuk proses pembelajaran, analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp sangat disarankan dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran daring selama Pandemi Covid 19.

Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Dalam Jaringan, Whatsapp

References

Alqahtani, Mufleh Salem M,etc. (2018). WhatsApp :An Online Platform for University-Level English Language Education. Arab: Arab World English Journal (AWEJ). Vol.9, Number 4. December 2018

Agustin, Mubiar. (2011). Permasalahan-permasalahan Belajar dan InovasiPembelajaran.Bandung: Refika Aditama.

Agung, N. F., & Rohman, T. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp. Al-Abhats| Islamic and Humanities Research, 1(1).

Astaman, dkk. (2018). Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar. Universitas Muhammadiyah Palu.

Coleman,E.& O’Connor,E. (2019). The role of WhatsApp in medical education; a scoping review and instructional design model. Ireland: BMC Medical Education. 19:279.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783.

Hamid, Abdul. (2011). “Teori Belajar dan Pembelajaran” Jakarta: Rineka

Cipta.

Hidayat, Muhammad Yusuf. (2016). Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar. Vol. 5, No. 2, hal. 332-341

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan. Diakses 18Mei 2020 Pukul 7:47 AM.

Mubarak, Mukhammad Ilham. (2018). Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui

Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2Sleman. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 3, hal. 143-154.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138-150.

Rahman, Ulfiani. (2012). Mengenal Burnout pada Guru. Jurnal Lentera Pendidikan edisi X No. 2.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020, October). Efektivitas penggunaan whatsapp group selama pandemi covid-19 bagi pelaku pendidik. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Sari, Indah,etc. (2020). Chemistry Learning via Distance Learning during the Covid-19 Pandemic. Journal of Education and Teacher Training. Vol.5 Number (1), 155-165.

Soegijapranata, Tim Penulis UNIKA. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di MasaDarurat. Semarang: UNIKA Soegijapranata.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid 19 Melalui Grup WhatsApp?. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 1-25.

Vitasari, Ita. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan KontrolDiri pada Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Zuldafrial, (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta : Yuma

Pustaka.

P4tkbahasa, (2020). Aplikasi pembelajaran daring. kemdikbud.go.id. diakses /03/03/2021/15.00.

Bersaudara, monexa, (2021). Aplikasi pembelajaran daring yang efektif di masa pandemi covid-19. kompasiana.com . diakses 03/03/2021/15.03.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC), (2020). “Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)”. Diakses 20 Maret 2020

Article Metrics
Abstract views: 514
pdf downloads: 254
Published
2021-07-30
How to Cite
Wiguna, M. Z., & Hajjafiani, D. (2021). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP PADA MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK DI MASA WABAH COVID 19. Jurnal Metamorfosa , 9(2), 174-187. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1387
Section
Articles