PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SYAIR LAGU ACEH

  • Wahdaniah Politeknik Negeri Lhokseumawe
Keywords: Interferensi, Syair Lagu Berbahasa Aceh, Jenis Kata, Bentuk Kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya interferensi dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Aceh dalam syair lagu berbahasa Aceh. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Aceh dalam syair lagu berbahasa Aceh. Sumber data penelitian ini adalah syair lagu berbahasa Aceh yang tertera pada sampul kaset lagu Aceh. Untuk keperluan ini hanya dibatasi 10 syair lagu berbahasa Aceh yang dianalisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan interferensi bahasa Indonesia ke dalam bahasa Aceh. Teknik yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yaitu mencatat kosakata yang terjadi interferensi lalu kosakata tersebut diklasifikasikan menurut jenisnya. Interferensi yang dianalisis adalah jenis kata dan bentuk kata. Interferensi bentuk kata yang lebih dominan adalah bentuk dasar, sedangkan interferensi jenis kata yang dominan adalah jenis kata benda. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini yang memperlihatkan gejala interferensi bahasa Indonesia ke dalam bahasa Aceh, kiranya perlu dimonitor terus-menerus sehingga kesalahan berbahasa dapat diatasi dan pembelajaran bahasa dapat dicapai dengan hasil yang optimal.

References

Baradja, M.F. 1990. Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Djunaidi, Abdul, dkk. 2000. Interferensi Bahasa Jamee dalam Karangan Murid di Kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Selatan. Banda Aceh: Balai Bahasa.

Mahmud, Saifuddin, dkk. 1995. Peminjaman Kosakata Bahasa Aceh dalam Pemakaian Bahasa Ragam Lisan (Suatu Penelitian pada Siswa SMA Negeri Wilayah Pembantu Bupati Bireuen). Banda Aceh: Lemlit Universitas Syiah Kuala.

Mahmud, Saifuddin, dkk. 1992. Transfer Retroaktif Morfologi Bahasa Indonesia dalam Pemakaian Bahasa Aceh Ragam Lisan. Tesis Magister. Bandung: IKIP.

Mahmud, Saifuddin, dkk. 1994. Interferensi Leksikal pada Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Murid Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Glumpang Tiga Pidie: Laporan Penelitian. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bnadung: Angkasa.

Rusyana, Yus. 1975. Interferensi Morfologi. Jakarta: Universitas Syiah Kuala.

Sulaiman, Buduman. 1977. Bahasa Aceh Jilid I. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa.

Wildan, dkk. 2000. Tata Bahasa Aceh untuk Sekolah Dasar. Banda Aceh: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
Article Metrics
Abstract views: 200
pdf downloads: 215
Published
2016-01-31
How to Cite
Wahdaniah. (2016). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SYAIR LAGU ACEH. Jurnal Metamorfosa , 4(1), 28-47. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/139
Section
Articles