PENERAPAN MEDIA GAMBAR MATERI TEKS OBSERVASI PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN 11 BANDA ACEH

  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Ar Raniry
Keywords: Application, Media Picture , text observation

Abstract

Writing ability in the process often did not get attention. Because in the lifetime of many students were able to read the text but were difficulty writing the text. The students find difficulty to begin and develop the idea or idea into a script. Beside that, the students difficulty writing text in the learning of writing especially write the report text result of teacher observation often limited to one english text book and less gives a reference or example of an observation based resport text from another source.  The purpose of the study to find out how the application of media pictures observation of language Indonesia lesson for class III MIN 11 Banda Aceh. This study used a research approach qualitative. The research indicates that used media picture successfully improves students ability in learning writing ability in observation the text. That increase in the from of a students individually is 100 % over 70.

Abstrak

Kemampuan menulis dalam pelaksanaannya sering tidak mendapat perhatian. Hal itu dikarenakan dalam kesehariannya banyak siswa mampu dalam membaca teks tetapi mengalami kesulitan dalam menulis teks. Siswa kesulitan memulai dan mengembangkan ide atau gagasannya tersebut ke dalam sebuah tulisan. Di samping siswa mengalami kesulitan dalam menulis, dalam pembelajaran menulis terutama menulis teks laporan hasil observasi guru sering kali hanya bersumber dari satu buku teks Bahasa Indonesia, dan kurang memberikan referensi atau contoh tentang teks laporan hasil observasi dari sumber lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui  bagaimana penerapan media gambar materi teks observasi pelajaran Bahasa Indonsesia siswa kelas III Min 11 Banda Aceh.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan  penerapan media gambar   berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks observasi . Peningkatan itu dalam bentuk siswa secara individual 100% mencapai nilai  di atas 70.

Kata kunci: Penerapan,  Media Gambar, Teks Observasi

References

Agustina, Sofia, Eka. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi- Kurikulum 2013. Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1), 84-99. http://syekhnurjati.ac.id (diakses 18 Juli 2021 )

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dharma, Purnama, Sari, Vidya, dkk. 2019. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMA Negeri 1 Bengkulu Tenggah Kelas XI. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1), 66-74. ejournal.unib.ac.id (diakses 18 Juli 2021)

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 5(2), 93-196. jurnal.ar-raniry.ac.id (diakses 18 Juli 2021)

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud

Khotimah, dkk .2021. Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). obsesi.or.id (diakses 17 Juli 2021)

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Labellerisna. 2013. Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan. http://labellerisna.wordpress.com. (diakses 19 Mai 2021)

Latifah. 2015. Pengaruh Media Gambar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di MI An-Nur pekalipan Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1),

Netta, Ayuna. 2017. Peranan Motivasi Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pedagogik, l 4(2). ejournal.unmuha.ac/id.

I Made Sutama dan Gede Gunatama. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Laporan Observasi Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1). ejournal.undiksha.ac/id. (diakses 17Juli 2021)

Rofi’uddin. 2004. Lokakarya Metodolohi Penelitian Kualitatif: Teknik Penyusunan Proposal dan Review Proposal Penelitian Kualitatif. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Rojas, Virginia. 2010. Language Features of Seven Writing Genres. Diunduh dari http://flesolcobbcentral.typepad.com/files/genre-text-features.

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning. Terjemahan oleh Raisul Muttaqin Bandung: Nusamedia.

Sugiyono. 2018. Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlFABETA.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Sikdinas). Jakarta: Depdiknas.

Uno, B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang efektif dan Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics
Abstract views: 319
pdf downloads: 101
Published
2021-07-28
How to Cite
Khadijah, K. (2021). PENERAPAN MEDIA GAMBAR MATERI TEKS OBSERVASI PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN 11 BANDA ACEH. Jurnal Metamorfosa , 9(2), 159-173. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1406
Section
Articles