ANALISIS STRATEGI BERTANYA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 SEUNUDON KABUPATEN ACEH UTARA

  • Azhari Azhari SKTIP Bumi Persada
  • Helmiyadi Helmiyadi STKIP Bumi Persada
  • Ririn Rahayu STKIP Bumi Persada
Keywords: Indonesian Language Learning, Questioning Strategy

Abstract

This study aims to describe the questioning strategy used by teachers in learning Indonesian at SMP Negeri 1 Seunudon, North Aceh Regency. The approach used in this study is a qualitative descriptive approach. The subject of this research is a teacher in the field of Indonesian language studies at SMP Negeri 1 Seunudon. Meanwhile, the object of this research is the question used by the teacher in learning. Research data can be in the form of types of teacher questions that are asked using strategies. To obtain data, this study used observation and recording techniques. Based on the results of the study, teachers in the field of Indonesian language studies at SMP Negeri 1 Seunudon, North Aceh Regency actively use several questioning strategies in asking questions to students by referring to the theory that the author uses. First, the waiting time strategy, which is the most dominant length of time given as a teacher strategy is 1-3 seconds and with 3-5 seconds it is only used for some questions (B1). Second, strengthening strategy (B2). This strategy is also known as giving rewards or awards. This strategy is done by giving some expressions that can make students feel happy, such as: very good, very true, and a hundred for you. Third, the strategy of exploring questions (B3). This strategy is used by providing follow-up questions taken from students' answers and then used as questions. The use of this strategy aims to make students convey the information that is known in full, and Fourth, the interaction equation strategy (B4).

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang strategi bertanya yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Seunudon Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia yang ada di SMP Negeri 1 Seunudon. Sedangkan, objek penelitian ini adalah pertanyaan yang digunakan guru dalam pembelajaran. Data penelitian dapat berupa jenis-jenis pertanyaan guru yang diajukan dengan menggunakan strategi. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan teknik observasi dan rekam. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Seunudon Kabupaten Aceh Utara secara aktif menggunakan beberapa strategi bertanya dalam mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan mengacu pada teori yang penulis gunakan. Pertama, strategi waktu tunggu, yaitu lama waktu yang paling dominan diberikan sebagai strategi guru adalah 1-3 detik dan dengan waktu 3-5 detik hanya digunakan untuk beberapa pertanyaan (B1). Kedua, strategi penguatan (B2). Strategi ini disebut juga dengan pemberian reward atau penghargaan. Strategi ini dilakukan dengan cara memberikan beberapa ungkapan yang dapat membuat siswa merasa senang, seperti: bagus sekali, betul sekali, dan seratus buat kamu. Ketiga, strategi pertanyaan menggali (B3). Strategi ini digunakan dengan cara memberikan pertanyaan lanjutan yang diambil dari jawaban siswa kemudian dijadikan sebagai pertanyaan. Penggunaan strategi ini bertujuan agar siswa menyampaikan informasi yang diketahui secara lengkap, dan Keempat, strategi persamaan interaksi (B4).

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi Bertanya

References

Anggraeni, Astri Widyaruli, & Nuraini, Kristi. 2021. Upaya Meningkatkan Strategi Bertanya Guru sebagai Perancah Berbahasa Siswa Autis. Jurnal ABDI Indonesia Vol. 1 No.1 (2021) hlm.15-22.

De Gomes, Fransiskus. 2016. Keterampilan Bertanya: Strategi Pengembangan Kemampuan Kognitif Dan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016) hlm. 178-188.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoretis Psikologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mahsun. 2013. Pembelajaran Teks dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kepala Badan Pegembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Meldina, Tika. 2019. Implementasi Model Learning Start With A Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 6 Nomor 2, (2019) hlm. 211-219.

Ningrum, Epon. 2013. Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: CV. Putra Setia.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Royani, M. & Muslim, Bukhari. 2014. Keterampilan Bertanya Siswa Smp Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, (2014) hlm. 22 – 28.

Ruswandi. 2010. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Rusmayanti, Arida dkk. 2017. Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca Vol. II (2) (2017) hlm. 510-518.

Saun, Saunir. 2015. Penggunaan Strategi Bertanya oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNP Padang dalam Praktik Micro Teaching. Lingua Didaktika Volume 9 No 1, (2015) hlm. 53-59.

S. Indriyani & Rohita. 2019. Penguasaan Keterampilan Bertanya Dasar di TK Baiturrahman. Jurnal AUDHI, Vol. 2, No. 1, (2019) hlm. 1-11.

Simanjuntak, Eva Betty & Puspita, Switri Indah. 2016. Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Strategi Probing Prompting Learning di Kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016. Jurnal Handayani Vol. 5 (1) (2016) hlm. 30-38.

Sugiyo, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, Esih. dkk. 2013. Strategi Guru Menumbuhkan Keberanian Bertanya Usia 5-6 Tahun di TK Daarul Jannah Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembalajaran Khatulistiwa. Volume 2 No. 9 (2013) hlm. 1-10.

Susilowati, Evi. 2019. Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jartika, Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, Vol. 2 No. 1 (2019) hlm. 243-255.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: FPBS IKJP.

Article Metrics
Abstract views: 838
pdf downloads: 1179
Published
2021-08-03
How to Cite
Azhari, A., Helmiyadi, H., & Rahayu, R. (2021). ANALISIS STRATEGI BERTANYA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 SEUNUDON KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Metamorfosa , 9(2), 252-269. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1411
Section
Articles