NILAI SOSIAL DALAM PERMAINAN TRADISIONAL BETAWI

(Kajian Antrpolinguistik)

  • Ayu Wijiastuti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nur Aini Puspitasari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Traditional Games, Social Values, Anthropolinguistic, Betawinese

Abstract

Playing games is an activity favored by children, but digital games are becoming more popular rather than traditional games which contain more benefits, one of the benefits of traditional games is social values. This study aims to describe the  social values ​​of Betawinese traditional through anthropolinguistic approach. This study is focused on five Betawinese traditional games, which is dampu, permainan karet, wak wak gung, galasin, and tuk tuk ubi. Using qualitative description is the method in this research that will describe the form of social values ​​ and ethnographic approach, this study tries to describe the form of social values found in the five Betawinese traditional games. The data were taken using non-participatory observation techniques on children playing traditional Betawi games in Kampung Makasar, East Jakarta, which was also the source of the data. The results of this study indicate that from the verbal and nonverbal communication of the players during games there are social values ​​in the form of harmony, discipline, affection, kinship, tolerance, and cooperation.

Abstrak

Bermain permainan merupakan kegiatan yang disukai oleh anak-anak, tetapi diera globalisasi permainan digital lebih digemari dari pada permainan tradisional yang memiliki banyak manfaat, salah satunya kandungan nilai sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kandungan nilai sosial dalam permainan tradisional Betawi dengan pendekatan antropolinguistik. Permainan tradisional Betawi difokuskan pada lima permainan yaitu dampu, lompat karet, wak wak gung, galasin, dan tuk tuk ubi. Kualitatif deskripsi menjadi metode pada penelitian ini yang akan mendeskripsikan bentuk nilai sosial yang terdapat pada lima permainan tradisional Betawi dengan pendekatan etnografi. Data diambil dengan teknik observasi non partisipasi pada anak-anak yang bermain permainan Tradisional Betawi di Kampung Makasar Jakarta Timur yang juga sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan dari komunikasi verbal dan nonverbal para pemain selama bermain terdapat nilai sosial berupa kerukunan, disiplin, kasih sayang, kekeluargaan, toleransi, dan kerja sama.

Kata Kunci:  Permainan Tradisional, Nilai Sosial, Antropolinguistik, Betawi

Author Biography

Nur Aini Puspitasari, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

References

Agusta, Y. (2021). Kecanduan Game Onine, Bocah SMP Bakar Rumah Tetangga karena Tak Dapat Uang untuk Top UP. INews Jatim.Id. https://jatim.inews.id/berita/kecanduan-game-online-bocah-smp-bakar-rumah-tetangga-karena-tak-dapat-uang-untuk-top-up/all

Ardiansyah, E. C. A. (2012). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Prasekolah.

Arga, H. S. P., Nurfurqon, F. F., & Nurani, R. Z. (2020). Improvement of Creative Thinking Ability of Elementary Teacher Education Students in Utilizing Traditional Games in Social Studies Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 235–250. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i2.26347

Chaer, A. (2012). Folklor Betawi: Kebudayaan dan Kehidupan Orang Betawi. Komunitas Bambu.

Gloriani, Y. (2013). Kajian Nilai-Nilai Sosial Dan Budaya Pada Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Multikultural. Lokabasa, 4(2), 195–208. https://doi.org/10.17509/jlb.v4i2.3147

Hasugian, R. M. (2017). Upacara Kematian Saur Matua Batak Toba: Analisis Tradisi Lisan. LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching, 14(2), 225. https://doi.org/10.30957/lingua.v14i2.326

Hidayat, D. (2013). Permainan Tradisional dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. ACADEMICA Fisip Untad, 05(02), 1057–1070.

Junaedah, J., Thalib, S. B., & Ahmad, M. A. (2020). The Outdoor Learning Modules Based on Traditional Games in Improving Prosocial Behaviour of Early Childhood. International Education Studies, 13(10), 88. https://doi.org/10.5539/ies.v13n10p88

Khanmurzina, R. R., Cherdymova, E. I., Guryanova, T. Y., Toriia, R. A., Sukhodolova, E. M., & Tararina, L. I. (2020). Computer games influence on everyday social practices of students-gamers. Contemporary Educational Technology, 11(1), 11–19. https://doi.org/10.30935/cet.641753

Kusumawati, I. T. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Tri Indah Kusumawati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 84.

Lawasi, E. S., & Triatmanto, B. (2017). Pengaruh Komunikasi, Motivasi, dan Kerja sama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Junal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1).

Muhasyim, Hermansah, & Solihin, I. (2011). Permainan Tradisional Anak Betawi. Lestari Kiranatama.

Muhasyim, Hermansyah, & Solihin, I. (2011). Mengenal Seni dan Budaya Betawi. Lestari Kiranatama.

Nurmahanani, I. (2017). Penelitian Folklor Permainan Rakyat Sunda di Kampung Cikondang Jawa BArat dan Internalisasi Nilai Didaktisnya di Sekolah DAsar. Journal of Chemical Information and Modeling, 12(2).

Pradana, W. (2021). Kecanduan Game Online, Dua Bocah Cimahi Berhenti Sekolah Setahun. DetikNews. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5506261/kecanduan-game-online-2-bocah-cimahi-berhenti-sekolah-setahun?_ga=2.120373580.514509273.1622442877-27595408.1520433057

Prijana. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (A. Yanto (Ed.); Prijana). CV. Pustaka Utama Bandung.

Puspitasari, N. A., Yanti, P. G., Sukardi, & Nofiyanti, F. (2020). The Education Philosophy in Sumatera Traditional Games: Recording Islands in Indonesia to Preserve Culture. 477(Iccd), 529–533. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201017.117

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dinifolklor Bet, 4(2), 1011–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Sasmita, W. (2018). Tradisi Upacara Ritual Siraman Sedudo Sebagai Wujud Pelestarian Nilai-Nilai Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 207. https://doi.org/10.17977/um019v3i2p207-214

Setiadi, D., & Firdaus, A. (2019). Teks Permainan Anak Ucang-Ucang Angge:Analisis Struktur Dan Konteks Penuturan. IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 01(02), 20–31. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1072947&val=16141&title=TEKS PERMAINAN ANAK UCANG-UCANG ANGGE ANALISIS STRUKTUR DAN KONTEKS PENUTURAN

Setiari, I. (2019). Kajian Nilai Sosial Dalam Lirik Lagu “Buka Mata Dan Telinga” Karya Sheila On 7. Jurnal Soshum Insentif, 2(2), 173–181.

Setubabakanbetawi.com. (n.d.-a). Main Karet. Http://Www.Setubabakanbetawi.Com/. http://www.setubabakanbetawi.com/main-karet/

Setubabakanbetawi.com. (n.d.-b). Wak Wak Kung. Http://Www.Setubabakanbetawi.Com/. http://www.setubabakanbetawi.com/uler-uleran-2/

Sibarani, R. (2015). Pendekatan Antropolinguistik Terhadap Kajian Tradisi Lisan. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.22225/jr.1.1.105.1-17

Simanjuntak, D. (2015). Penerapan Teori Antropolinguistik Modern (Competence, Performance, Indexicality, & Partisipation) Dalam Umpasa Budaya Batak Toba. Jurnal Basis, 2(2), 71–78.

Suciati. (2017). ‘DIVA THE SERIES’ Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menanamkan Nilai Sosial Dan Keagamaan Bagi Anak. 11(1), 217–236.

Suparno. (2021). Kecanduan Game Online, Bocah SMP Sidoarjo Bakar Rumah Tetangga. DetikNews. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5565282/kecanduan-game-online-bocah-smp-di-sidoarjo-bakar-rumah-tetangga

Syaikhu, A., & Napis, A. D. (2020). Permainan Tradisional Betawi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di TK Mutiara. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(1), 84–96. https://doi.org/10.15408/jece.v2i1.15576

Uyuuni, S. N. J. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Kasih Sayang Dalam Novel Ayah Menyayangi Tanpa Akhir Karya Kirana Kejora. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4301/

Vianugrah, M. J. (2020). Kajian Antropolinguistik Nilai-Nilai Karakter Permainan Anak Tradisional dengan Latar Belakang Kultur Jawa (Vol. 43, Issue 1) [Universitas Sanata Dharma Yogyakarta]. https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY-210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf%0Ahttps://www.economist.com/special-report/2020/02/06/china-is-making-substantial-investment-in-ports-and-pipelines-worldwide%0Ahttp://www.

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Zakiyah, K. (2013). Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim (Studi Kasus di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta). AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 88–103.

Article Metrics
Abstract views: 349
pdf downloads: 272
Published
2021-07-28
How to Cite
Wijiastuti, A., & Puspitasari, N. A. (2021). NILAI SOSIAL DALAM PERMAINAN TRADISIONAL BETAWI : (Kajian Antrpolinguistik). Jurnal Metamorfosa , 9(2), 122-140. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1421
Section
Articles