PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN BULAK 1 BENDO MAGETAN

  • Cerianing Putri Pratiwi IKIP PGRI Madiun
Keywords: Menyimak, Cerpen, Model Cooperative Script.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menyimak cerita pendek melalui penggunaan model Cooperative Script dan (2) meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek siswa melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bulak 1 Bendo, Magetan, sedangkan objek penelitian ini pembelajaran menyimak cerpen mata pelajaran Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran pada aspek perhatian, keseriusan, dan keaktifan terjadi peningkatan dari pra tindakan hingga siklus II. Dilihat dari hasil tes, menunjukkan bahwa model Cooperative Script mampu meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Hal itu terbukti dari nilai evaluasi yang didapat siswa mengalami peningkatan. Pada pra tindakan nilai rata-rata kelas yaitu 62, pada siklus I rata-rata kelas 75,5, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 89. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan.

 

References

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soedjiatno. 1991. Keterampilan Menyimak dan Pengajarannya I. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas.

_________. 1991. Keterampilan Menyimak dan Pengajarannya II. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas.

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1980. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

________, Henry Guntur. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Article Metrics
Abstract views: 1147
pdf downloads: 1103
Published
2016-01-31
How to Cite
Cerianing Putri Pratiwi. (2016). PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN BULAK 1 BENDO MAGETAN. Jurnal Metamorfosa , 4(1), 82-92. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/146
Section
Articles