KESALAHAN DIKSI DALAM KARANGAN YANG DITULIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura
  • Gio Mohamad Johan SDN 17 Pontianak Kota
Keywords: Diction, Essay, Online, Elementary School

Abstract

The background of this research is the researcher's interest in the focus of the research in the form of essays produced by elementary school students in online learning during the pandemic. This study also aims to describe the diction errors in essays written by elementary school students during the online learning period. This research is a qualitative research with descriptive method. The sources of data in this study were third grade students of SDN 17 Pontianak Kota. The data collection technique in this study was in the form of documentation and note-taking techniques. Analysis of the data used using content analysis or content. The results of this study indicate that there are diction errors found in essays written by elementary school students in online learning during the pandemic. Suggestions in this study are in the form of further research that focuses on errors in the use of two languages ​​in elementary school students because based on research findings there are many errors in the use of regional languages ​​that are included in essays written by students. Thus, further research is expected to focus on the error area.

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini berupa ketertarikan peneliti terhadap fokus penelitian berupa karangan yang dihasilkan oleh siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan diksi yang ada dalam karangan yang ditulis oleh siswa sekolah dasar selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 17 Pontianak Kota. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa Teknik dokumentasi dan catat. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi atau konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan diksi yang ditemukan dalam karangan yang ditulis siswa sekolah dasar pada pembelajaran daring di masa pandemi. Saran dalam penelitian ini berupa penelitian lanjutan yang memfokuskan pada kesalahan penggunaan dua Bahasa pada siswa sekolah dasar karena berdasarkan temuan penelitian terdapat banyak keselahan penggunaan Bahasa daerah yang masuk dalam karangan yang ditulis siswa. Dengan demikian penelitian lanjutan diharapkan dapat memfokuskan pada bidang kesalahan tersebut.

Kata Kunci:  Diksi, Karangan, Daring, Sekolah Dasar

References

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan

Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of

Islamic Elementary School, 2(2), 147-158.

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429-1437.

Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia secara

Sintaktis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN MIRI. Visipena, 8(2), 241-253.

Johan, G. M. (2018). Interferensi Morfologis Bahasa Simeulue Dalam Pembelajaran Menulis

Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Simeulue Tengah.

Jurnal Metamorfosa, 6(1), 27-39.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Mulyati. (2015). Terampil Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Reskian Reskian, A. (2018). Analisis Penggunaan Diksi pada Karangan Narasi di Kelas X

IPS II SMA Negeri 1 Palu, Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(2), 8. Diunduh di

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/9941/7903.

Sapawi. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas

VI Sekolah Dasar, Stilistika, 3(2), 75 – 86. Diunduh di

http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/stilistika/article/view/86

Siddik, M. (2018). Peningkatan pembelajaran menulis karangan narasi melalui gambar

berseri siswa sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(1),

-48.

Sugina. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Negeri 01 Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016.

Stilistika, 4(1), 59-70. Diunduh di

http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/stilistika/article/view/98.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijayanti, S. H., Candrayani A., Hendarwati I. E. S., & Agustinus J.W. (2017).

Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: RajaGrafindo

Persada

Article Metrics
Abstract views: 256
pdf downloads: 173
Published
2021-08-03
How to Cite
Pranata, R., Salimi, A., & Mohamad Johan, G. (2021). KESALAHAN DIKSI DALAM KARANGAN YANG DITULIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PEMBELAJARAN DARING . Jurnal Metamorfosa , 9(2), 239-251. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1491
Section
Articles