DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK BAHASA PADA PROTOTIPE E-BOOK MITIGASI BENCANA SEBAGAI EDUKASI SADAR BENCANA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura
  • Kartono Kartono Universitas Tanjungpura
Keywords: Feasibility Aspects of Language, Ebook, Disaster Mitigation

Abstract

The geographical condition of Pontianak City, which is located in West Kalimantan Province, includes disaster-prone areas, especially floods, fires, droughts, smog, hurricanes, disease outbreaks and social conflicts that can cause environmental damage, property losses, psychological impacts, and victims. Therefore, it is necessary to take various anticipatory and countermeasures efforts. So that the community must have the knowledge, understanding, preparedness and skills to detect and anticipate early various kinds of disasters or better known as disaster mitigation. Therefore, disaster mitigation education in schools needs to be carried out from an early age in order to provide deepening of knowledge and readiness for actions or activities that need to be carried out before or during an unexpected natural disaster. In this regard, researchers conducted research on the development of disaster mitigation ebooks as a means of disaster awareness education for elementary school students. The research approach used to develop this e-book of disaster mitigation materials is a mixed method approach because the research conducted is classified as research and development or R&D research. In the process of developing a disaster mitigation ebook, researchers carried out a process of validating the language feasibility aspect in order to obtain quality book products. The value of the validation of the feasibility aspect of the disaster mitigation e-book prototype language carried out by experts in the Indonesian language field is 3.6 with a very good interpretation. Meanwhile, the average percentage gain from all component indicators is 91.66% with a very decent category.

Abstrak

Kondisi geografis Kota Pontianak yang terletak pada Provinsi Kalimantan Barat termasuk daerah rawan bencana, terutama bencana banjir, kebakaran, kekeringan, kabut asap, angin putting beliung, wabah penyakit dan konflik sosial yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dampak psikologis, dan korban jiwa sehingga perlu dilakukan berbagai upaya antisipasi dan penanggulangan. Sehingga masyarakat harus memiliki pengetahuan, pemahaman, kesiapsiagaan dan keterampilan untuk mendeteksi serta mengantisipasi secara lebih dini berbagai macam bencana atau lebih dikenal dengan istilah mitigasi bencana. Oleh karena itu, pendidikan mitigasi bencana di sekolah perlu dilakukan sejak dini guna memberikan pendalaman pengetahuan serta kesiapan terhadap tindakan-tindakan atau aktivitas yang perlu dilakukan sebelum atau pada saat terjadinya bencana alam yang tidak terduga. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan e book mitigasi bencana sebagai sarana edukasi sadar bencana untuk siswa sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengembangkan e-book materi mitigasi bencana ini adalah pendekatan mixed method dikarenakan penelitian yang dilakukan tergolong penelitian research and development atau R&D. Pada proses pengembangan e book mitigasi bencana, peneliti melakukan proses validasi aspek kelayakan Bahasa agar diperoleh hasil produk buku yang berkualitas. Adapun nilai validasi aspek kelayakan Bahasa prototipe e book mitigasi bencana yang dilakukan oleh ahli di bidang Bahasa Indonesia, yaitu sebesar 3,6 dengan intepretasi sangat baik. Sedangkan pemerolehan rata-rata persentase dari semua indicator komponen adalah 91,66% dengan kategori sangat layak.

Kata Kunci:  Kelayakan Aspek Bahasa, E book, Mitigasi Bencana

References

Arifin, E. Z. dkk. (2010). Bahasa Indonesia Akademik: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian.

Tangerang: Pustaka Mandiri.

Hoerudin, C. W. dkk. (2017). Mata Kuliah Umum Pengembangan Karakter: Bahasa Indonesia. Bandung: Semiotika.

http://bappeda.pontianakkota.go.id/page/kondisi-fisik-dasar-kota-pontianak

Jackson, I & Jacobs, J. 8 Juni 2008. Major Flood Hits County, Damages Many Roads. The Brazil Times

Mahmood, Khalid, Iqbal, Muhammad Zafar, & Saeed, Muhammad. (2009). Textbook Evaluation Through Quality Indicators: The Case of Pakistan. Bulletin of Education and Research December 2009, 31 (2, 1-2. Diperoleh 22 Januari 2015, dari http://ojs.academypublisher.com.

Maryani, N., 2010. Model Pembelajaran Mitigasi Bencana dalam Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Gea, 10(1), 17-21.

Mentari, Dwi dkk. 2008. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-D untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa”. PENDIPA Journal of Science Education. 2 (2). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/4651.

Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Oemarmadi, S. 2005. Pendidikan dan Mitigasi Bencana Alam; Pelajaran berharga dari Aceh. Pendidikan Network. Retrieved from, http://re-searchengines.com/art05- 90.html

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Pasal 6 (2) Tentang Buku

Purnomo, S. 2019. Pemetaan Rawan Banjir Di Kecamatan Pontianak Barat Dan Pontianak Kota Berbasis Sistem Informasi Geografis. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, Vol. 6, No 2. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/34829

Ratumanan, T.G., dan Laurens. T. 2006. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompotensi. Surabaya: Unesa University Press.

Suryaningsih, Eni & Fatmawati Laila. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 4 No. 2. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5310/3621

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Taslim, K. K, Wahyuni, S. Bachtiar, W. R. (2017) Pengembangan Buku Teks Pelajaran IPA Terintegrasi Mitigasi Bencana Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6373/4938

Article Metrics
Abstract views: 75
pdf downloads: 68
Published
2021-08-06
How to Cite
Auliya Vilda Ghasya, D., & Kartono, K. (2021). DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK BAHASA PADA PROTOTIPE E-BOOK MITIGASI BENCANA SEBAGAI EDUKASI SADAR BENCANA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Metamorfosa , 9(2), 285-299. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1506
Section
Articles