PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGIDENTIFIKASIAN FAKTA DAN OPINI HARIAN SERAMBI INDONESIA DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

  • Rika Kustina STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Rika Novatma STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Peningkatan Pemahaman, Fakta Dan Opini, Teknik Numbered Heads Together (Nht), Serambi Indonesia

Abstract

Pembelajaran mengenai pengidentifikasian fakta dan opini merupakan materi penting yang harus diajarkan kepada siswa. Anak harus beroleh pengalaman yang baik terhadap materi ini untuk memudahkan mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.Komunikasi yang terbangun antarsesama tentunya tidak terlepas dari fakta dan opini. Namun, kemampuan siswa dalam mengidentifikasi fakta dan opini dalam sebuah teks masih tergolong rendah.Penelitian dengan judul“Peningkatan Pemahaman Pengidentifikasian Fakta dan Opini Harian Serambi Indonesia dengan Menggunakan Teknik Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Inshafuddin Banda Aceh” bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan teknik Numbered Heads Together(NHT)pada materi fakta dan opini pada sebuah tajuk rencana.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 SMA Inshafuddin Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diperoleh dari lembar observasi siswa, guru dan hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus Itingkat aktivitas guru meningkatan dari 2,45 dengan kategori cukupmenjadi 3,52 dengan kategori sangat baik pada siklus II, meningkatan sebanyak 1,07. Sementara pada  aktivitas siswa meningkat dari 2,48 dengan kategori cukuppada siklus I menjadi 3,81 dengan kategori sangat baik pada siklus II, terjadi peningkatan sebanyak 1,33. Nilai rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 71,67 dengan kategori tidak tuntas pada siklus I menjadi 86,97kategori tuntas pada siklus II, meningkatan sebanyak 15,30.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman siswadalam pengidentifikasian fakta dan opini pada tajuk rencanaHarian Serambi Indonesia pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Inshafuddin Banda Aceh.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

http://iniwebhandam.com/2012/10/pengertian-nubered-head-together-nht/, diakses 1 April 2014, pukul 14 : 24 WIB.

Ibrahim. M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kagan, Spencer. 1992. Coopertive Learning: Resources for Teacher. Laguna Niguel, CA: Resources for Teacher.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kill, Gegen. 2012. http://www.academia.edu./5090881/meningkatkan_keaktifan_ belajar_siswa_pada_pemebelajaran_pecahan_dengan_menggunakan_model_jigsaw. diakses 7 Mei 2014, pukul 09 : 21 WIB.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik 2008. Bandung: Nusa Media.

Suganda dkk. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugeng, Subagiyo. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryanto, Alex. 2004. Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Esis.

Syukur. 2008. Efektifitas Pendekatan Realistic Mathematic, Edukation (RME) pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Montasik. Banda Aceh: USM.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Keterampilan Membaca. Bandung: Angka.

Article Metrics
Abstract views: 96
pdf downloads: 49
Published
2016-07-31
How to Cite
Rika Kustina, & Rika Novatma. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGIDENTIFIKASIAN FAKTA DAN OPINI HARIAN SERAMBI INDONESIA DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Jurnal Metamorfosa , 4(2), 35-48. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/155
Section
Articles