TINGKAT KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH

  • Teuku Mahmud STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kemampuan Keterampilan Menulis Surat, Surat Dinas

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kajian tentang tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015-2016. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015-2016. Tujuan penelitian ini secara umum untuk memperoleh informasi tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII terbagi atas tiga ruang paralel dan peneliti mengambil sampel kelas VIII3 SMP Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Tes yang diberikan pada siswa adalah menulis surat dinas. Aspek-aspek yang dinilai untuk mengukur kemampuan menulis surat dinas yaitu (1) kesesuaian isi surat, (2) kesatuan dan kepaduan paragraf, (3) ketepatan penulisan surat, (4) penggunaan ejaan, dan (5) ketepatan pilihan kata (diksi). Teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik anĂ¡lisis statistik secara kuantitatif. Pengelolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) berdasarkan hasil menis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tingkat kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada siswa adalah 82 hal ini menunjukan bahwa kemampuan keterampilan menulis surat dinas pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015-2016 berada pada kategori baik.

References

Azwardi, 2008. Menulis Ilmiah. Banda Aceh: Universitas Syah Kuala Darussalam, Banda Aceh.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2004. Naskah Akademik Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Gani, Erizal. 2001. Pemberdayaan Pengajaran Menulis; Upaya Menumbuh kembangkan Kemahiran Menulis Sejak Dini. Denpasar: Balai Bahasa Denpasar.

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi.

Kosasih. 2003. Surat Menyurat dan Menulis Surat Dinas Dengan Benar. Bandung: Yrama Widya.

Marjo. 2000. Surat-surat Lengkap (complete letters). Jakarta: Setia Kawan.

Silmi, Mutiara Sikka. 2006. Panduan Menulis Surat Lengkap. Yogyakarta: Absolut.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.

Sudjana. 2001. Metode Statistik. Bandung Tirsito: Alfabet.

Soedjito dan Solchan TW. 2002. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics
Abstract views: 38
pdf downloads: 31
Published
2016-07-31
How to Cite
Teuku Mahmud. (2016). TINGKAT KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH . Jurnal Metamorfosa , 4(2), 49-59. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/157
Section
Articles