STRUKTUR CERITA DAN NILAI EDUKATIF DALAM CERITA NENEK DAN SEEKOR CECAK KARYA S. HARYANTO ARKOBOESONO

  • Harfiandi STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Sudarmono
Keywords: Cerita Anak, Struktur Cerita, dan Nilai Edukatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur yang membangun cerita dan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam cerita Nenek dan Seekor Cecak karya S. Haryanto Arkoboesono. Data dalam penelitian diperoleh melalui cerita yang terdapat dalam buku yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada cetakan kelima tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumen yang diproses dengan melihat struktur yang dominan. Pengolahan data yang dilakukan peneliti adalah pada struktur cerita anak, yaitu pada judul cerita, tema, amanat, latar, tokoh, gaya bercerita, dan hubungan antarunsur serta nilai-nilai edukatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur cerita ini berjudul Nenek dan Seekor Cicak, tema cerita adalah cinta dan kasih sayang seorang nenek kepada cucunya, amanat yang disampaikan oleh penulis dalam cerita adalah janganlah suka menganiaya, bahkan sampai membunuh sesama makhluk hidup, tokoh utama dalam cerita ini adalah Yudhy dan Nenek, latar yang digunakan dalam cerita ini secara umum di dalam rumah, cerita Nenek dan Seekor Cecak dikisahkan dengan alur maju, dan nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam cerita ini meliputi cinta dan kasih sayang, toleransi, kejujuran, kesederhanaan, serta persatuan. Adapun manfaat dalam penelitian ini dapat menambah wawasan guru bahasa Indonesia dan anak dalam mengapresiasi cerita anak dengan memahami struktur cerita sehingga memahami dan mengamalkan nilai-nilai edukatif yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, anak perlu mendapat pemahaman cerita untuk memperoleh nilai-nilai edukatif dalam diri anak.

Author Biography

Sudarmono

SMA Al Athiyah Banda Aceh

References

Arkoboesono, S. Haryanto. 2007. Kumpulan Cerita Anak. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres.

Puryanto, Edi. 2008. Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusastraan XIX HISKI.

Rampan, Layun Korrie. 2003. Teknik Menulis Cerita Anak. Yogyakarta: Pink Books, Pusbuk, dan Taman Melati.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarumpaet. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Semi, M. Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sikana, Mana. 2008. Teori Sastera Kontemporari. Singapore: Pustaka Karya.

Teeuw, A. 1991. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wardiah. 2003. Telaah Struktur dan Fungsi Dongeng Materi Ajar pada TK FKIP Universitas Syiah Kuala (Skripsi tidak diterbitkan). Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Article Metrics
Abstract views: 60
pdf downloads: 125
Published
2017-01-31
How to Cite
Harfiandi, & Sudarmono. (2017). STRUKTUR CERITA DAN NILAI EDUKATIF DALAM CERITA NENEK DAN SEEKOR CECAK KARYA S. HARYANTO ARKOBOESONO. Jurnal Metamorfosa , 5(1), 1-12. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/167
Section
Articles