SIKAP BERBAHASA MAHASISWA PENUTUR BAHASA GAYO RAGAM SANTAI LINGKUNGAN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH

  • Rika Kustina STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Misna Lianur STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Sikap Bahasa, Bahasa Gayo, Ragam Santai

Abstract

Penelitian ini berupaya mendeskripsikansikap berbahasa mahasiswa penutur bahasa Gayo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Data penelitian ini bersumber dari jawaban angket dan didukung oleh observasi.Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa penutur bahasa Gayo yang berbahas ibu (B1) bahasa Gayo.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei dan simak.Agar hasil penelitian dapat memiliki tingkat keabsahan yang tinggi, peneliti menggunakan alat banturekam berupa tape recorder dan alat tulis. Adapun data penelitian diperoleh dari hasil sebaran angket dan observasi yang dirumuskan dalam instrumen penelitian dengan  20 butir pertanyaan. Setelah data terkumpul dari hasil kuisioner dan observasi diseleksi dan diklasifikasikan berdasarkan kaidah-kaidah yang mengatur tiga ciri sikap berbahasa yaitu (1) kesetiaan berbahasa Gayo, (2) kebanggaan berbahasa Gayo dan (3) norma berbahasa Gayo. Hasil penelitian sikap berbahasa mahasiswa penutur BG dapat dikategorikan positif.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina.2004.Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Karsana, Deni.2010. “Kesetian berbahasa masyarakat perkotaan etnik Sunda di Yogyakarta” Multilingual.Volume 2 (4): 1-26.

Masinambow dan Paul Haenen. 2002. Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Poedjosoedarmo, Supomo. 2001. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Muhammadiyah University Press.

Purba, Antilan. 2008. Bahasa Indonesia Baku. Medan: USU press.

Sumarsono. 2002. Sosiolinguistik.Yogyakarta: Sabda.
Article Metrics
Abstract views: 138
pdf downloads: 448
Published
2017-01-31
How to Cite
Rika Kustina, & Misna Lianur. (2017). SIKAP BERBAHASA MAHASISWA PENUTUR BAHASA GAYO RAGAM SANTAI LINGKUNGAN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH. Jurnal Metamorfosa , 5(1), 23-32. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/170
Section
Articles