IDENTIFIKASI PARAGRAF ARGUMENTASI DALAM KARYA BERBENTUK CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDA ACEH
Abstract
Masalah penelitian berkaitan dengan bagaimanakah bentuk argumentasi untuk dipahami siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pembelajaran 2016-2017. Paragraf argumentasi yang harus dipahami dalam kemampuan menulis karya berbentuk cerpen. Dalam buku yang bermateri empat cakupan keterampilan berbahasa satu aspek berkaitan satu dengan yang lain untuk menjelaskan suatu ide dalam bentuk retorika maupun bentuk karya sastra. Pikiran yang menganggap paragraf harus ditiadakan dalam teks cerpen tidak betul. Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh masih bias disuruh mengidentifikasi jenis paragraph dalam bentuk karangan cerpen. Paragraf adalah seperangkat kalimat tersusun logis sistematis yang merupakan satu kesatuan pikiran yang relevan yang mendukung pikiran pokok yang tersirat dalam keseluruan karangan. Oleh sebab itu, pengajaran keterampilan berbahasa membutuhkan sebuah pengajaran yang kompleks, yang tidak hanya berdasarkan bentuk karangan berbentuk deskriptif. Aspek keterampilan berbahasa. Masalah utama adalah siswa menyadari bahwa bentuk argumentasi dapat digunakan dalam cerpen. Paragraf argumentasi yang dilatih kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Hasil penelitian adalah siswa dapat menunjukkan bentuk paragraph argumentasi dalam teks cerpen. Paragraf argumentasi dengan kemampuan menulis cerpen ada hubungan dengan latihan menandai teks cerpen yang mempunyai bentuk paragaraf argumentasi.
References
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Keraf, Goys. 2005. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : PT. Gramedia.
Kosasih, H. E. 2003. Ketatabahasaan dan Kesastraan Bahasa Indonesia. Bandung: Yarma Widya.
Poerwadaminta. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Semi, Atar. 1990. Menulis Kreatif. Padang: Angkasa Raya.
Tarigan, Henry Guntur. 2005. Menulis. Bandung: Angkasa.
Suryosubroto B. 1996. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
pdf downloads: 11927