PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR

  • Nabilla Antrisna Putri Universitas Brawijaya
  • Warsiman Warsiman Universitas Brawijaya
  • Titik Hermiati SMA Negeri 5 Malang
Keywords: Writing, problem based learning model, image media, CAR, exposition text

Abstract

Teachers' efforts to teach students how to write expository text should be evaluated. The lecture method dominates the learning process, resulting in learning outcomes that are far from ideal. The purpose of this study is to improve students' ability in writing expository texts using an image-based problem-solving model. This study employs classroom action research as its methodology (CAR). Students' ability to write expository texts improved as a result of the results. The increase in KKM from 68.4 percent in the first cycle to 88.8 percent in the second cycle demonstrates this trend. It means that there is a decrease in student KKM from 31.4 percent to 11.4 percent; 2) an increase in students' average score from 72.5 percent in the first cycle to 85 percent in the second cycle; and 3) student responses showed very good criteria with 40.2 percent, good 40.6 percent, 19.2 percent enough, and 0 percent less. Based on these findings, it is possible to conclude that learning through problem-based learning models with image media can help students improve their ability to write exposition texts. As a result, teachers who are having difficulty learning to write expository texts should consider using a problem-based learning model with image media.

Abstrak

Pembelajaran menulis teks eksposisi yang selama ini dipraktikkan oleh guru, perlu ditinjau kembali. Proses pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah, menyebabkan hasil pembelajaran jauh dari harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi melalui model problem based learning dengan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil yang diperoleh, kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kenaikan KKM dari 68.4% pada siklus I menjadi 88,8% pada siklus II. Berarti terdapat penurunan KKM siswa dari 31.4% tinggal 11.4%; 2) kenaikan nilai rata-rata siswa dari 72.5 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II; dan 3) respon siswa menujukkan kreteria sangat baik terdapat 40.2%, baik 40.6%, cukup 19.2%, dan kurang 0%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran melalui model problem based learning dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Oleh karena itu, disarankan bagi para guru yang mengalami permasalah pembelajaran menulis teks eksposisi dapat menggunakan model problem based learning dengan media gambar.

Kata Kunci: Menulis, model problem based learning, media gambar, PTK, teks eksposisi

References

DePorter, B., dkk. (1999). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Penerjemah Ary Nilandari). Bandung:Penerbit Kaifa.
Ismawati, E. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Nurhadi dan Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya. Universitas Negeri Malang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustakim. (1994). Membina Keterampilan Berbahasa: Panduan ke Arah Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Slameto. (2001). Evaluasi Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suandi, I Nengah. (2008). Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurhadi dan Senduk, Agus Gerrad. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya. Malang: Universitas Negeri Malang, 2003
Natalia, D. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12625
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya. Malang: Universitas Negeri Malang.
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004
Rosanti, E., Rohani, L., & Arif, S. (2018). "Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Media Audiovisual Siswa Kelas X SMA". Prosiding Seminar Nasional, 283–288. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38858
Article Metrics
Abstract views: 62
pdf downloads: 126
Published
2022-01-30
How to Cite
Antrisna Putri, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR. Jurnal Metamorfosa , 10(1), 11-21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730
Section
Articles