PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN BONGKOT KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG

  • Mulyono Mulyono SDN Bongkot Peterongan Jombang
Keywords: Writing Poetry, Audio Visual Media, CAR

Abstract

Poetry writing learning activities need to get serious attention from teachers/education practitioners. Traditional learning methods that limit student activity and creativity must be abandoned. The purpose of this study was to improve poetry writing skills through audio-visual media. This research was conducted on fourth grade students of SDN Bongkot, Peterongan sub-district, Jombang district, from 11-19 January 2021. The number of students studied was 20 students. The research method used is classroom action research (CAR). The data is processed quantitatively. The results obtained that the poetry writing skills of the students of SDN Bongkot, Peterongan sub-district, Jombang district increased. This increase can be seen from student learning outcomes in the first cycle from 68%, in the second cycle it increases to 76.3%. The results of teacher activities in the first cycle from 71.4%, in the second cycle increased to 100%. The results of student activities in the first cycle of 40%, in the second cycle increased to 80%. In general, the score of student success in the first cycle was an average of 69, in the second cycle it increased to an average of 77. From these results it can be concluded that learning through audio-visual media can improve students' skills in writing poetry.

Abstrak

Kegiatan pembelajaran menulis puisi perlu mendapatkan perhatian yang serius dari guru/praktisi pendidikan. Metode pembelajaran tradisional yang membatasi aktivitas dan kreativitas siswa harus ditinggalkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui media audio visual. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Bongkot kecamatan Peterongan kabupaten Jombang dengan rentang waktu penelitian mulai tanggal 11-19 Januari 2021. Jumlah siswa yang diteliti 20 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data diolah secara kuantitatif. Hasil yang diperoleh bahwa keterampilan menulis puisi siswa SDN Bongkot kecamatan Peterongan kabupaten Jombang meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dari 68%, pada siklus II meningkat menjadi 76,3%. Hasil kegiatan guru pada siklus I dari 71,4%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil kegiatan siswa pada siklus I dari 40%, pada siklus II meningkat menjadi 80%. Secara umum nilai keberhasilan siswa pada siklus I rata-rata 69, pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 77. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran melalui media audio-visual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.

Kata Kunci:   Menulis puisi, media audio visual, PTK.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya

Aftarudin, P. (1983). Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung: PT Angkasa.

Apriyanti, Iis dan Gurning, Busmin. (2014). Improving Students Achievement in Reading Comprehension by Applying The Taba Model, 3(1):22-28. Retrieved from (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ellu/article/view/1396/1154 (Diakses pada 4 April 2022).

Hermawan, Ijang Yudi. (2017). Penigkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Audio-Visual. Jurnal Diksastrasia, 1(1).

Dewi. (2020). Revitalisasi Pembelajaran Menulis Puisi melalui Penggunnaan Media Audio-Visual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) di Era Society 5.0”. Seminar Nasional Pendidikan 2020. Makasar: FKIP UNM.

Depdikbud. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Dirjen. Dikdas. Depdikbud.

Guna, I Gusti Putu Setia, Wayan Rasna, dan Sang Ayu Putu Sriasih. (2019). Pembinanan Proses Kreatif Keterampilan Menulis Puisi di Paguyuban Literasi Bhuana Mandra SMAN Bali Mandra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undhiksa, 9(1), 1-13. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/20328 (Diakses 12 April 2022).

Gani, R. 1988. Pengajaran Sastra: Respon dan Analisis. Jakarta: Dirjen. Dikti. Depdikbud.

Hidayati, Ririn Eva. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning Madrasah di Masa Covid 19. Jurnal Inovasi, 15(1).

Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. (1990). The Action Research Planner. Melbourne. Deakin University.

Misra. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kretaif Tadulako Online, 1(2).

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ngatiem. (2018). Meningkatkan kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Video pada kelas VII MTsN Banjar Selatan 1 Kota Banjarmasin. Jurnal Meretas, 4(1).

Purwono, Joni, Sri Yutmini, dan Sri Anitah. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Sumarjo, J. (1995). Sastra dan Masa. Bandung: Penerbit ITB Bandung.

Supriatini. (2017). Penerapan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra, 1(1).

Sumarjo, J., Saini K.M. (1997). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sutardi, Heru Kurniawan. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Surimaharja, Agus, dkk. 1996/1997. Petunjuk Praktis Menulis. Depdikbud

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Jakarta: Kencana

Wingkel, 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Warsiman. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Puisi melalui Model Taba. Jurnal Metamorfosa, 8(2).

Warsiman. (2017). Pengantar Pembelajaran Sastra (Sajian dan Kajian Hasil Riset). Malang: UB Press.

Tarigan , Henry Guntur, 1986, Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung Angkasa

Yunus M, dkk. (2013). Keterampilan Menulis. Universitas Terbuka: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Kholillah, Nur, Siti Halidjah, dan Hery Kresnadi. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Khatulistiwa), 6(10).

Turofingah, Lina, Suhartono, dan Tri Saputri Susiani. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Penggunaan Media Audiovisual pada Siswa Kelas V SDN Keleng 01. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 3(3).

Article Metrics
Abstract views: 77
pdf downloads: 38
Published
2022-01-30
How to Cite
Mulyono, M. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN BONGKOT KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Metamorfosa , 10(1), 61-75. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1744
Section
Articles