TABIAT PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI HITAM KARYA TI THAMRIN

  • Hendra Kasmi STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Tabiat, Perempuan, Novel

Abstract

Penelitian ini berjudulTabiat Perempuan dalam novelBidadari Hitam Karya TI Thamrin. Masalah yang ingin di telaah  adalah tentang gambaran tabiat perempuan  dalam novel Bidadari Hitam karya TI Thamrin. Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan tentang tabiatperempuan Aceh terutama yang berhubungan dengan realitas tabiat perempuan yang dikaitkan dengan kisah fiktif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan struktural. Sumber data penelitian ini adalah  novel Bidadari Hitam karya TI Thamrin. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Bidadari Hitam karya TI Thamrinmerupakan karya sastra yang menggambarkan tentang tabiat perempuan Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan Aceh digambarkan sebagai sosok pemberani, ambisius, dan santun. Tabiat yang menonjol dalam novel tersebut ditunjukkan pada tokoh Inong, Mak Santan, dan Fitriah. Inong sebagai tokoh sentral digambarkan sebagai perempuan teraniaya yang berniat menuntaskan dendamnya. Ia merupakan cerminan perempuan ambisius. Berbeda dengan Mak Santan yang digambarkan sebagai perempuan pemberani yang menolong orang-orang teraniaya. Ada lagi tokoh Fitriah yang digambarkan sebagai perempuan santun dan pemalu.

References

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Herman, R. 2010. “Perempuan dalam Naskah Drama Poma Karya Maskirbi Naskah Tanah Perempuan Karya Helvy Tiana Rosa”. Tesis. Banda Aceh: Pasca Sarjana Unsyiah.

Melani, Budianta. 2002. Membaca Sastra. Jakarta: Indonesia Tera.

Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sumardjo, Jakob. 2007. Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herawati, Yudianti. 2006. Novel Lonceng Kematian; Kajian Struktural dan Sosiologis. Samarinda: Pusat Bahasa Kalimantan Timur.

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Article Metrics
Abstract views: 166
pdf downloads: 153
Published
2017-07-31
How to Cite
Hendra Kasmi. (2017). TABIAT PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI HITAM KARYA TI THAMRIN. Jurnal Metamorfosa , 5(2), 78-84. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/177
Section
Articles