ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA AKTIVITAS DISKUSI SISWA KELAS VIII MTsS AL FURQAN BAMBI
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah salah satu fakta bahwa dalam aktivitas diskusi siswa banyak terjadi alih kode dan campur kode bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa Indonesia, yakni sebagai bahasa pengantar pendidikan. Oleh sebab itu, hal tersebut sangat terikat dengan tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan alih kode dan campur kode yang terjadi dalam pemakaian bahasa Indonesia pada aktivitas diskusi siswa kelas VIII MTsS Al Furqan Bambi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data atau sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTsS Al Furqan Bambi sejumlah 25 siswa yang terbagi dalam lima kelompok peserta diskusi. Data penelitian ini adalah bentuk alih kode dan campur kode baik berupa bahasa daerah maupun bahasa asing yang terjadi dalam pemakaian kalimat bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam-catat. Hasil pengolahan data menunjukkan alih kode dan campur kode dalam penggunaan bahasa Indonesia pada aktivitas diskusi siswa kelas VIII MTsS Al Furqan Bambi terjadi pada bidang kata, frasa, klausa, dan bidang kalimat.
Abstract
The background of this research is one of the facts that in student discussion activities there is a lot of code switching and language code mixing, both regional and foreign languages that enter Indonesian, namely as the language of instruction in education. Therefore, it is closely related to the purpose of this study, which is to describe code switching and code mixing that occurs in the use of Indonesian in the discussion activities of class VIII MTsS Al Furqan Bambi students. The method used is descriptive qualitative. The source of the data or the sample of this study were the 25 students of class VIII-1 MTsS Al Furqan Bambi which were divided into five groups of discussion participants. The data of this research is a form of code switching and code mixing in the form of regional and foreign languages that occur in the use of Indonesian sentences. Data collection is done by recording technique. The results of data processing showed code switching and code mixing in the use of Indonesian in the discussion activities of class VIII MTsS Al Furqan Bambi students occurred in the word field, phrase, clause, and sentence field.
References
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2014). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2012). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta : Balai Pustaka.
Faisol, Muhammad Yusuf, & Yuniseffendri. (2020). Alih Kode Dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo. BAPALA: Jurnal Mahasiswa Unesa, 7(4).
Ferdianto, Hasbilah Ahmad. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Perbincangan Gastronomi di Perpustakaan Trotoar Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Pembelajaran, 13(32).
Indriati, Titin. (2018). Fungsi Pedagogi Alih Kode dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Classroom Tag, Intersentential, dan Intrasentential. Jurnal SENDIKA: Seminar Pendidikan, (2)1.
Jamil, T. M, dan Wirduna. (2017). Penggunaan Bahasa Campur Kode dalam Rapat Resmi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh. Jurnal Unsyiah/Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. ISSN 2579-3101.
Jendra, Made Irawan. (2012). Sociolinguistics: The Study of Sociotes Languages. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Khoirurrohman, Taufiq, & Anny Anjany. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Ketug (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Dialektika, 10(2), 23-35. Dikutip dari https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/index (diakses 23 April 2022).
Nababan, Sri Utami. (2016). Psikolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Sumarsono. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.
Sukmana, Waedarita, & Ardiansyah. (2021). Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Acara Matanajwa Pada Stasiun Televisi Trans7. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 5(1), 206-221. Dikutip dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index (diakses 20 April 2022).
PDF downloads: 581