IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL GAYO LUES DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI
Abstract
Kajian ini berkenaan dengan implementasi permainan tradisional Gayo Lues dalam upaya meningatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi permainan tradisional Gayo Lues dapat menjadi media dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah anak-anak usia dini, orang tua, beserta pengasuhnya dalam lingkungan Sanggar Belajar Mawaddah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berbagai jenis permainan tradisional Gayo Lues yang dapat berperan sebagai media peningkatan kemampuan berbahasa anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi serta wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional Gayo Lues patut dipertahankan dan sangat tepat diaplikasikan pada anak usia dini dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini.
References
Efendi, Johari. 2006. Bermain dan Alat Permainan untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Aceh Besar: Pamong Belajar SKB
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Ahimsa, Heddy. 2011. Permainan Tradisional Memberikan Mamfaat Lebih Besar Bagi Perkembangan Anak dari Pada Permainan Modern. (http://candlelight229.wordpress.com/2011/11/18, diakses 10 Maret 2016).
Amaliya, Melly. 2013. “Efektifitas Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Prilaku Prososial”. Skripsi diterbitkan. Banda Aceh: FKIP UNSYIAH
Moeslichatoen (1999), Pengembangan Kreativitas Anak, Jakarta : Reneka Cipta
Musfiroh, Tadkiroatun. 2004. Bermain Sambil belajar dan Mengasah Kecerdasan. Yogyakarta: Direktorat Pembinaan Tenaga Pendidikan
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
pdf downloads: 344