TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA WACANA DIALOG MUSLIM VS MUSLIM PENDUKUNG AHOK PADA TABLOID TEROPONG SENAYAN

  • Ajeng Tina Mulyana Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Tindak Tutur Direktif, Wacana Dialog Muslim VS Muslim Pendukung Ahok

Abstract

Teori tindak tutur bermanfaat dalam menganalisis wacana. Isu penting teori tindak tutur memberi sumbangsih terhadap analisis wacana, misalnya, bagaimana suatu tuturan dapat mengungkapkan lebih dari satu tindak tutur pada satu waktu. Artikel ini akan membahas tentang suatu bahasan konsep kritis dan ide-ide yang diperkenalkan oleh Searle mengenai ilokusi yaitu tuturan direktif yaitu tuturan yang dimaksudkan penuturannya untuk melakukan tindakan, misalnya, memesan (ordering), memerintah (commanding), memohon (requesting), menasehati (advising), dan merekomendasi (recommending). PILKADA DKI pada waktu lalu menjadi topik yang banyak diperbincangkan oleh para netizen di Media Sosial. Tabloid teropong senanyan sebagai media online mencoba merangkum pendapat para netizen tersebut dalam wacana “Dialog Muslim VS Muslim Pendukung Ahok”.

References

Ahmad HP, Wacana dan Pengajaran Bahasa, Orasi Ilmiah dalam rangka Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pengajaran Bahasa pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Kamis 8 Juni 2006.

Deborah, Schiffrin. (1994). Approaches to Discouse, USA: Blackwell Oxford UK& Cambridge.

Djajasudarma,Fatimah. (2006) Metode Linguistik; Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Emzir. (2008). Metodologi penelitian, Pendidikan, Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Gay,L.R. (1983). Educational Research Competiencies For Analysis Application. Second Edition,Ohio : A Bell & Howell Company.

Halliday,M.A.K, and Ruqaiyah Hasan. (1989). Language Context and Text Aspect of Language in a Social Semiotic Perspective, Victoria: Deakin University.

Leech,Geoffrey.(1983). Principle of Pragmatics. Terj. Oka. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.

Santosa, Rochmat Budi. (2016). Pragmatic Study of Directives Apeech Act in Stories in Alquran. Australia: Eric Journal.
Article Metrics
Abstract views: 120
pdf downloads: 115
Published
2017-07-31
How to Cite
Ajeng Tina Mulyana. (2017). TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA WACANA DIALOG MUSLIM VS MUSLIM PENDUKUNG AHOK PADA TABLOID TEROPONG SENAYAN. Jurnal Metamorfosa , 5(2), 107-131. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/181
Section
Articles