PERANAN MODEL INKUIRI SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDOENSIA SISWA SMA

  • Khadijah SMA Negeri 8 Banda Aceh
Keywords: Model Inkuiri, Meningkatkan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Kajian literatur ini berisi berbagai gagasan mengenai keadaan belajar siswa dalam proses belajar mengajar di kelas.. Dalam makalah ini disajikan beragam konsep mengenai pendekatan  inkuiri merupakan salah satu bentuk pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ciri-ciri utama yang dimiliki oleh pendekatan inkuiri yaitu menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan. Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri serta mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis dan kritis. Untuk menciptakan karakteristik seperti itu, maka peranan guru sangat menentukan. Guru tidak lagi berperan sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi, sekalipun hal ini sangat diperlukan.

Abstract

This literature review contains various ideas about the state of learning of students in the process of teaching and learning in class. In this paper presented various concepts about inquiry approach is one form of student-centered learning approach. The main characteristics possessed by the inquiry approach is to emphasize the maximum student activity to seek and find. All activities undertaken by students are directed to find and find their own answers from something in question. So it is expected to foster self-confidence and develop the ability to think systematically, logically and critically. To create such characteristics, the role of teachers is crucial. Teachers no longer serve as informants and students as recipients of information, even if this is indispensable.

Keywords: Inquiry Model, Increase, Student Learning Results

References

Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar . Jakarta. Depdiknas.

Budimansyah Dasim. 2002 Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB.

Dahar, RW. 1998. Teori – teori Belajar. Jakarta. Depdikbud.

Dimyati dan Mudjiono, 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud.

Dinas Prop Jateng, 2004. Model- model Pembelajaran dan Penilaian. Makalah disampaikan pada Bintek Guru SMP bidang studi Fisika.

Hadari, Nawawi. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Hidayat Komarudin,2002.Active Learning. Yogyakarta. Yappendi.

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Pahyono, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran efektif , Model pembelajaran Kooperatif Learning. Makalah disampaikan pada diklat guru kurikulum KBK di LPMP Jawa Tengah.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Uno, B 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang efektif dan Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics
Abstract views: 87
pdf downloads: 1461
Published
2018-01-31
How to Cite
Khadijah. (2018). PERANAN MODEL INKUIRI SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDOENSIA SISWA SMA. Jurnal Metamorfosa , 6(1), 50-60. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/192
Section
Articles