KEMAMPUAN MENENTUKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY OLEH MAHASISWA PBSID SEMESTER I STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA

  • Teuku Mahmud STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Menentukan Nilai-nilai Relegius, Novel, dan Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai religius yang terdapat pada novel "Pudarnya Pesona Cleopatra" karya habiburrahman El Shirazy yang dilakukan oleh Mahasiswa PBSID semester I STKIP BBG Tahun Ajaran 2017-2018. Populasi sebanyak 30 orang mahasiswa dengan mengambil pupulasi sebanyak 100% dari seluruhnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Langkah pengumpulan dan teknik analisis data dengan cara menyusun, mengklasifikasikan, menganalisis dan menginterpretasikan datanya. Tes kemampuan menganalisis nilai-nilai religius pada novel "Pudarnya Pesona Cleopatra" karya Habiburrahman El Shirazy sebagai instrumen yang menghasilkan analisis data tersebut dengan menggunakan rumus mean dan standar deviasi. adalah 6,06. Jawabannya kurang berkaitan dengan kegiatan agama Islam hanya beberapa yang dituliskan mahasiswa dalam lembar jawaban yang sesuai dengan kunci jawaban. Hasil pengolahan data yang telah dilakukan terhadap Mahasiswa PBSID Semester I STKIP BBG Tahun Ajaran 2017-2018 dalam tes kemampuan menganalisis nilai religius pada novel “Pudarnya Pesona Cleopatra” karya Habiburrahman El Shirazy diketahui mahasiswa yang mendapat nilai 6 (enam) ke atas sebanyak 22 orang siswa atau 70%. Sedangkan mahasiswa yang mendapatkan nilai kurang dari 6 (enam) adalah sebanyak 8 orang atau 30%. Sesuai dengan kriteria penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu mahasiswa dianggap mampu menganalisis nilai-nilai religius pada novel "Pudarnya Pesona Cleopatra" karya Habiburrahman El Shirazy dengan baik apabila siswa yang mendapat nilai 6(enam) di atas 60%, maka Mahasiswa PBSID Semester I STKIP BBG Tahun Ajaran 2017-2018 telah mampu menganalisis nilai-nilai religius pada novel “Pudarnya Pesona Cleopatra” karya Habiburrahman El Shirazy dengan baik karena 70% siswa mendapat nilai di atas 6 (enam).

 

Abstract

This research aims to find out how students ' ability in analyzing the religious values that are present in the novel "Pudarnya Pesona Cleopatra" Habiburrahman El Shirazy works performed by the Students of the semester I PBSID STKIP BBG Years The teachings of 2017-2018. The population of as many as 30 students by taking the pupulasi as much as 100% of the total. This research uses descriptive method. Steps of data collection and analysis techniques by means of composing, classify, analyse and interpret the data. Tests the ability to analyze religious values on "Pudarnya Pesona Cleopatra" Habiburrahman El Shirazy works as an instrument that generates the data analysis using the formula of mean and standard deviation. is 6.06. The answer is less concerned with Islamic religious activity only a few written in student answer sheet that corresponds with answer keys. The results of the processing of data that has been committed against a student Semester PBSID I STKIP BBG 2017-2018 school year in tests the ability to analyze the value of religious novel "Pudarnya Pesona Cleopatra" by Habiburrahman El Shirazy known students gets the value of the 6 (six) to the top of as many as 22 people students or 70%. While the students who receive less than 6 (six) was as much as 8 people or 30%. In accordance with the assessment criteria established earlier students was considered capable of analyzing the religious values on ' "Pudarnya Pesona Cleopatra" Habiburrahman El Shirazy works well when the students got the value 6 (six) in the over 60%, then the student PBSID Semester STKIP BBG 2017-2018 school year have been able to analyze the religious values in the novel "Pudarnya Pesona Cleopatra" by Habiburrahman El Shirazy well because 70% of students scored in the top 6 (six).

 

Keywords: Determine The Values Relegius, Novel, and Literature

References

Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasbullah, 1996. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (edisi revisi). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kamus,1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Surabaya : Kartika.

Purba Antilan, 2001. Sastra Indonesia Kontemporer. Medan : USU Press.

Ali, Muhammad, 1992. Penelitian Pendidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung; Angkasa.

Darmono, Sapardi Djoko. 2003. “Kita dan Sastra Dunia”. Dalam www.mizan.com. diakses pada tanggal 12 Januari 2015.

Sayuti, Suminto. A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stlistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradopo, Rachmad Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode, Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Endaswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Article Metrics
Abstract views: 587
pdf downloads: 808
Published
2018-01-31
How to Cite
Teuku Mahmud. (2018). KEMAMPUAN MENENTUKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY OLEH MAHASISWA PBSID SEMESTER I STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA. Jurnal Metamorfosa , 6(1), 84-94. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/196
Section
Articles