MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TIGA DIMENSI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP

  • Khairunnissah Khairunnissah Universitas Negeri Jakarta
  • Sintowati Rini Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Suhartini Suhartini SMP Negeri 7 Jakarta
Keywords: Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Metode Discovery Learning, Media Animasi Tiga Dimensi

Abstract

This study aims to improve the writing skills of description text using Discovery Learning Method through Three-Dimensional Animation media for students of class VII G SMP Negeri 7 Jakarta. The subjects in this study consisted of 30 students. This research consisted of three cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used in this study were observation, questionnaires, interviews, tests, and documentation. The collected data were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques supported by quantitative data. The results of this study indicate that students of class VII G have the ability based on the results of learning activities and student scores. Thus, the application of Discovery Learning method through Three-Dimensional Animation media has been designed and used to improve description text writing skills in detailing objects. The increase obtained from the pre-cycle stage to cycle 3 with an average of 66.87 pre-cycle, 71.83 cycle 1, 77.87 cycle 2 and 86.57 cycle 3. Based on the results of the study, it can be concluded that the Discovery Learning Method through Three-Dimensional Animation Media can improve the ability to write description texts in class VII G students of SMP Negeri 7 Jakarta.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi dengan Metode Discovery Learning  melalui Media Animasi Tiga Dimensi pada siswa kelas VII G SMP Negeri 7 Jakarta. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII G memiliki kemampuan berdasarkan hasil aktivitas belajar dan nilai siswa. Dengan demikian, penerapan Metode Discovery Learning melalui media Animasi Tiga Dimensi telah dirancang dan digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dalam merincikan objek secara detil. Adapun peningkatan yang diperoleh mulai dari tahap prasiklus hingga siklus 3 dengan rata-rata prasiklus 66,87, siklus 1 71,83, siklus 2 77,87 dan siklus 3 86,57. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpukan bahwa Metode Discovery Learning melalui Media Animasi Tiga Dimensi dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII G SMP Negeri 7 Jakarta.

 

References

Anisatul Azizah, dkk. 2021. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna: p-ISSN :2657-1269 e-ISSN : 2656-9523. (https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/download/475/341, diakses pada 25 Mei 2023).

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basyaroh Purbania, dkk. 2020. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Volume 8 Nomor 1, April 2020, P-ISSN 2302-6405, E-ISSN 2714-9765. (https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/41963, diakses pada 03 Juni 2023).

Burhan Nurgiantoro. 2013. Penilaian Pembelajan Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Dahlia Diah N. 2020. Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa kelas XI SMA N 10 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. (https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55381/1/Skripsi_Dahlia%20Diah%20Novitasari%20%28WATERMARK%29.pdf, diakses pada 29 Mei 2023).

Hamdayana, Jumanta. 2014. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Henry Guntur Tarigan. 2013. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ina Magdalena, dkk. 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains : Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021; 312-325 (https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi, diakses pada 01 Juni 2023).

Maklonia Meling M. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education – Vol .3, No. 1 (2019) 20-28. (https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/download/16060/9786, diakses pada 29 Mei 2023).

Nursia Batlawi, dkk. 2022. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Kota Ternate. Jurnal JBES: Journal Of Biology Education And Sciencee ISSN: 2808-019X Volume. 2. Nomor 2. April-Juli 2022. (https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes/article/download/352/266, diakses pada 01 Juni 2023).

Nurul Istiqoh. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Model Think Pair Share di Kelas vii-a MTS Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia: Vol ume 4|Nomor 1|Januari 2020. (https://jurnal.unigal.ac.id/diksatrasia/article/viewFile/2246/4266, diakses pada 06 Juni 2023).

Riska Julianti. 2018. Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas X. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia): Volume 1 Nomor 6, November 2018. (https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1798/0, diakses pada 27 Mei 2023).

Safrizal. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi menggunakan Media Miniatur (Maket). Jurnal Pendidikan Vol 5 No 1. (https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/KAN/article/view/737, diakses pada 04 Juni 2023).

Santika Damayanti S., dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write Dengan Pemanfaatan Media Kliping Foto Jurnalistik Pada Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 8 Batang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: JPBSI 5 (1) (2016). (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/download/11298/6804/, diakses pada 01 Juni 2023).

Sudianto M. Rif’at, dkk. 2017. Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Galing. Jurnal Untan.(https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/3756/3762, diakses pada 29 Mei 2023).

Article Metrics
Abstract views: 201
PDF downloads: 143
Published
2023-08-16
How to Cite
Khairunnissah, K., Utami, S. R., & Suhartini, S. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TIGA DIMENSI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP. Jurnal Metamorfosa , 11(2), 114-127. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v11i2.2204
Section
Articles