KESALAHAN FONOLOGIS DALAM PROSES DISKUSI SISWA SEKOLAH DASAR

  • Gio Mohamad Johan STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kesalahan Berbahasa, Fonologi, Diskusi

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan berbahasa Indonesia dalam proses diskusi siswa kelas VI SDN 1 Galagamba. Adapun tujuan khusus penelitian ini yakni, mendeskripsikan kesalahan berbahasa Indonesia secara fonologis dalam proses diskusi siswa kelas VI SDN 1 Galagamba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Galagamba Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar observasi dan alat perekam data lisan. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes seperti rekam, catat, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan berbahasa Indonesia dalam proses diskusi siswa kelas VI SDN 1 Galagamba. Kesalahan yang ditemukan pada bidang fonologi tersebut meliputi kesalahan pelafalan karena perubahan bunyi dan kesalahan pelafalan karena penghilangan bunyi. Kesalahan pelafalan karena perubahan bunyi meliputi perubahan bunyi vokal dan bunyi vokal rangkap menjadi vokal tunggal. Kesalahan pelafalan karena penghilangan bunyi meliputi kesalahan pelafalan penghilangan bunyi konsonan.

Abstract

The general purpose of this research is to describe Indonesian error in the process of discussion of grade VI SDN 1 Galagamba students. The specific purpose of this research is to describe the Indonesian phonological error in the process of discussion of grade VI SDN 1 Galagamba students. This research uses descriptive research method. Sources of data in this study are students of class VI SDN 1 Galagamba Ciwaringin District Cirebon District. Instrument used in this research that is observation sheet and oral data recorder. Data collection using nontes techniques such as record, record, and observation. Data analysis techniques using qualitative data analysis techniques. The results of this study indicate that there are errors in Indonesian language in the discussion process of grade VI SDN 1 Galagamba students. Errors found in the phonological field include error pronunciation due to sound changes and error pronunciation due to the omission of sound. The error of pronunciation due to sound changes involves changing the vowel sound and the sound of the double vowel into a single vowel. The error of pronunciation for the omission of sound includes the misconduct of consonant sound disappearance.

Keywords: Language Error, Phonology, Discussion

References

Chaer, A. dan Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenal Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2018). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA

INDONESIA SECARA SINTAKTIS DALAM PROSES DISKUSI SISWA KELAS IV

SDN MIRI. Jurnal Visipena, 8(2).

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2017). Analisis Kesalahan Morfologis dalam Proses Diskusi

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Visipena, 8(1).

Johan, G. M. (2018). PROFIL KEDWIBAHASAAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI

SDN 1 MIRI KABUPATEN PONOROGO. Tunas Bangsa, 5(1).

Muslich, M. (2010). Garis-Garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung:

PT Refika Aditama.

Pateda, M. (1989). Analisis Kesalahan Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Slamet, Y. (2012). Problematika Berbahasa Indonesia dan Pembelajarannya Edisi 2.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan H. G. (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

___________. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yulianto, B. (2008). Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

___________. (2011). Penuntun Praktis Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Yulianto, B. dan Mintowati, M. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Article Metrics
Abstract views: 2836
pdf downloads: 3778
Published
2018-07-31
How to Cite
Gio Mohamad Johan. (2018). KESALAHAN FONOLOGIS DALAM PROSES DISKUSI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Metamorfosa , 6(2), 123-133. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/224
Section
Articles