PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA SUNDA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUMBERJAYA KABUPATEN KUNINGAN

  • Arif Rachman Hakim Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Dewi Apriyanti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Vilda Puspita Loka Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Campur Kode dan Alih Kode, Media Pembelajaran, Bahasa Sunda

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis campur kode dan alih kode bahasa terhadap kemampuan berbahasa Sundasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif model one group pretest posttest desain. Jumlah populasi penelitian ini berjumlah 187 siswa. Dari jumlah siswa tersebut diambil sampel penelitian sabanyak 35 siswa dengan cara random sampling. Data dianalisis secara bertahap dengan mengolah data hasil tes yang diperoleh dan dikuantitatifkan. Pertama dilakukan pengolahan data awal untuk mencari rata-rata (mean), video, modus, simpangan baku, nilai maksimum, dan nilai minimum. Kedua, dilakukan pengujian persyaratan analisis data, yakni uji-t (t-tes) dengan taraf signifikasi 0,05.Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kemambuan berbahasa Sunda siswa sebelum menggunakan media sebesar 9,17 sedangkan setelah perlakukan sebesar 18,17. Selanjutnya, penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung= 33,15 dan ttabel= 2,04. Dengan demikian dari hasil tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (33,15 > 2,04). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis campur kode dan alih kode bahasa terhadap kemampuan berbahasa Sunda siswa.

 

The goal of this research is to understand the impact using of video for learning based on language code mixing and code swithcing for the ability to speak Sundanese of students. The method we are using for this research are quantitative one group pretest posttest desain model. Total of this research population is 35 student with rondom sampling. The data were analyzed gradually with processing result data from the test that has obtained and quantitatived.  The first one, we are processing the begining data to find out the mean, video, modus, standard deviation, maximum value, and minimum value. Second step, we do test the research data's requirements, that is t-test with significant level 0,05. The result of this research will show the average ability to speak Sundanese of student before using the media was 9,17 meanwhile after using the media it increased up to 18,17. After that, writer counting with t-test, obtained Tcount = 33,15 and Ttable = 2,04. Thus from those result, we know that Tcount bigger than Ttable (33,15 > 2,04). It means that there is an impact from using video for learning based to language code mixing and language code shift for the ability to speak Sundanese of students.

 

Keywords : Code Mixing And Code Switching, Instructional Media, Sundanese Language

 

References

Asyhar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung
Persada Press Jakarta.

Briggs, Leslie. 1977. Instructional Desain Principles and Aplication. New Jersey :
Educational Technology Publication.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik perkenalan awal. Jakarta : PT.
Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguitik Edisi Keempat. Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama.

Mahnun, Nunu. 2012. “Media Pembelajaran: Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan
Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Pemikiran Islam, vol. 37, no. 1 Januari 2012.

Nababan, P.W.J. 1991. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka
Utama.

National Educational Association. 1969. Audiovisual Instruction Dapartment, New Media
and College Teaching. Washington DC : NEA.

Rahardi, Kunjana. 2001. Sosiolinguistik Kode dan Alih Kode. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

S.Djago, Meike. 2016. “Alih Kode dan Campur Kode dalam Perbincangan Acara Hitam
Putih di TRANS7”

Sutrisno, Asep. 2016. “Kajian Dialek dalam Campur Kode dan Alih Kode Tuturan
Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto(Kajian Sosiolinguistik)”
Suwito. 1995. Sosiolinguistik. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Article Metrics
Abstract views: 159
pdf downloads: 315
Published
2018-07-31
How to Cite
Arif Rachman Hakim, Dewi Apriyanti, & Vilda Puspita Loka. (2018). PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA SUNDA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUMBERJAYA KABUPATEN KUNINGAN. Jurnal Metamorfosa , 6(2), 134-141. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/225
Section
Articles