PENERAPAN METODE QUANTUM READING DAN COOPERATIVE SCRIPT (QRCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SKIMMING DALAM MEMBANDINGKAN ISI DUA TEKS PADA SISWA KELAS V SDN 02 CIPANAS KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Rima Dwi Ariani Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurozi Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Sarkadi Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Keterampilan Membaca, QRCS, Skimming

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki praktik pembelajaran dalam menggunakan metode QRCS (Quantum Reading dan Cooperative Script) untuk memperbaiki kemampuan keterampilan membaca siswa dalam membandingkan isi dua teks dengan membaca sekilas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan  Mc. Taggart. Penelitian diawali dari perencanaan (planning), tindakan (action) ,pengamatan (observing), refleksi (reflecting) serta perbaikan (revised plan) dan diselesaikan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Cipanas yang terletak di Desa Padaasih Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, dengan jumlah siswa 25 orang. Jenis instrumen yang digunakan yaitu instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari perbandingan hasil tes keterampilan membaca pada prasiklussiswa yang memperoleh nilai di atas KKM hanya20%,kemudian meningkat pada siklus II menjadi 64%, dan kembali meningkat pada siklus III menjadi 84%. Hal tersebut sudah dinyatakan berhasil karena telah mencapai target yang diharapkan yaitu siswa yang tuntas dalam kelas sebanyak 80%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 56,4% dengan kategori cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh persentase 70%  yang berkategori baik. Adapun hasil Kinerja guru juga mengalami peningkatan pada siklus I dan Siklus II. Pada siklus I kinerja guru memperoleh persentase sebesar 53,3% (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 80% (Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode QRCS (Quantum Reading dan Cooperative Script)dapatmeningkatkan keterampilan membaca siswa dalam membandingkan isi dua teks dengan membaca sekilas.

Abstract

The purpose of this study was to improve the practice of internal learning using the QRCS (Quantum Reading and Cooperative Script) method to improve the ability of students reading skills in comparing the contents of two texts by reading at a glance. This research method uses classroom action research methods with the Kemmis and Mc models. Taggart. The research begins with planning, action, observing, reflecting and revising and is completed in 2 cycles. This research was conducted at SDN 02 Cipanas located in Desa Padaasih, Cisarua District, West Bandung Regency, with 25 students. The types of instruments used are observation, interviews, documentation, and tests. The results of this study can be seen from the comparison of the results of reading skills tests on students who obtained scores above KKM only 20%, then increased in cycle II to 64%, and again increased in cycle III to 84%. It has been declared successful because it has achieved the expected target of students who completed in the class as much as 80%. The results of student activity in the first cycle obtained a percentage of 56.4% with enough categories, then increased in the second cycle by obtaining a 70% percentage which was in the good category. The results of teacher performance also increased in the first cycle and second cycle. In the first cycle of teacher performance obtained a percentage of 53.3% (Enough) and increased in cycle II to 80% (Good). Thus it can be concluded that the QRCS method (Quantum Reading and Cooperative Script) can improve students reading skills in comparing the contents of two texts by reading at a glance.

 

Keywords: Reading Skill, QRCS, Skimming

References

Arifin Ahmad.(2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar: Universitas Pasundan.

De Porter, Bobbi. (2000).Quantum teaching mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Penerbit Kaifa.

Fahrurrozi. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language (Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 11 Edisi 1, April: Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

OECD, PISA 2015 Results. (2015). What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading and Science. PISA: OECD Publishing.

Resmini., Hartati, T., Cahyani, I. (2009).Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Ria Sutriani, Dede Tatang Sunarya., Dadan Djuanda. (2016) Penerapan Metode QRCS (Quantum Reading Dan Cooperative Script) dalam Membandingkan Isi Dua Teks. Jurnal Pena Ilmiah: UPI Kampus Sumedang.

Suherman, Ayi. (2013).Penelitian pendidikan. Bandung: CV : Bintang WarliArtika.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Zulela. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract views: 157
pdf downloads: 240
Published
2019-01-31
How to Cite
Rima Dwi Ariani, Fahrurozi, & Sarkadi. (2019). PENERAPAN METODE QUANTUM READING DAN COOPERATIVE SCRIPT (QRCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SKIMMING DALAM MEMBANDINGKAN ISI DUA TEKS PADA SISWA KELAS V SDN 02 CIPANAS KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Metamorfosa , 7(1), 1-11. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/235
Section
Articles