PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAS DALAM SETTING PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I (SATU) SEKOLAH DASAR NEGERI JATIMAKMUR III PONDOK GEDE BEKASI JAWA BARAT

  • Ida Nursanti Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Syarif Sumantri Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Nurjanah Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Metode, SAS, Membaca, Permainan

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I (satu) Sekolah Dasar Negeri Jatimakmur III Pondok Gede Bekasi Jawa Barat melalui penerapan metode pembelajaran SAS dalam setting permainan.Metode penelitian tindakan dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian yang digunakan oleh model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri atas 4 fase kegiatan, meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini diselesaikan dalam 2 siklus dengan 2 tindakan setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan bagi siswa kelas I (satu) pada Sekolah Dasar Negeri Jatimakmur III, Pondok Gede Bekasi dengan jumlah siswa 28 orang.Beberapa instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu pedoman observasi, catatan lapangan dan alat perekam / kamera.Hasil rata-rata nilai kemampuan membaca siswa pada saat kegiatan prasiklus memperoleh rata-rata 58,67, pada siklus Imeningkat menjadi  74,67 dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 87,96. Hasil tersebut sudah melebihi target yang diharapkan yaitu dengan rata-rata nilai di atas 80. Kegiatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh persentase sebesar  72,67% dan pertemuan 2 sebesar 74,73% dengan rata-rata persentase sebesar 74,73%. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase pada pertemuan 1 sebesar 90,71% dan pertemuan 2 sebesar 92,32% dengan rata-rata 91,51%. Hasil tersebut sudah mencapai kriteria pencapaian persentase aktivitas siswa yang diharapkan yakni di atas 80%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS dalam setting permainan dapat meningkatkan kemampuan membacapermulaan pada siswa Sekolah Dasar Kelas I.

Abstract

This action research aims to improve reading skills in class I (one) elementary school students of Jatimakmur III Pondok Gede Bekasi, West Java through the application of SAS learning methods in game settings. The action research method in this study uses the Kemmis and Mc Taggart models. The research procedure used by the Kemmis and Mc models. Taggart consists of 4 phases of activities, including: (1) Planning, (2) Implementation of Action, (3) Observation, and (4) Reflection. This study was completed in 2 cycles with 2 actions per cycle. This research was carried out for students in class I (one) at Jatimakmur III State Elementary School, Pondok Gede Bekasi with 28 students. Several instruments used to collect data in this study are observation guidelines, field notes and recording devices / cameras. The average score of students' reading ability when pre-cycle activities gained an average of 58.67, in the first cycle increased to 74.67 and in the second cycle again increased to 87.96. These results have exceeded the expected target with an average value above 80. Student activity activities in the first cycle of meeting 1 obtained a percentage of 72.67% and meeting 2 of 74.73% with an average percentage of 74.73% . In cycle II student activities have increased with the percentage at meeting 1 at 90.71% and meeting 2 at 92.32% with an average of 91.51%. These results have reached the criteria for achieving the expected percentage of student activity which is above 80%. Based on the data above, it can be concluded that the application of the SAS method in game settings can improve the initial reading ability of Class I Elementary School students.

 

Keywords: Method, SAS, Reading, Games

References

Afin Murtie. 2013. Mengajari Anak Calistung Sejak Dini Dengan Bermain. Jakarta: Kompas Gramedia.

Baderi.1985.Penggunaan Metode SAS dan Non SAS Dalam Pengajaran Mengarang Paragraf Murid Kelas Tiga SD. Tesis Program S2 PPS IKIP Bandung.

Kartono Kartini. 1990. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Momo.1980. Penggunaan Metode SAS Dalam Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta P3G Depdikbud.

Pepen Supendi & Nurhidayat.2007. Fun Game 50 Permainan menyenangkan di Indoor dan Outdoor. Jakarta: Penebar Plus.

Rini Hildayani,dkk. 2009. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahyuni, Sri. 2010. Cepat Bisa Membaca. Jakarta : Pt Gramedia.

Zainal Aqib. 2009.Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media.
Article Metrics
Abstract views: 84
pdf downloads: 260
Published
2019-01-31
How to Cite
Ida Nursanti, Syarif Sumantri, & Nurjanah. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAS DALAM SETTING PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I (SATU) SEKOLAH DASAR NEGERI JATIMAKMUR III PONDOK GEDE BEKASI JAWA BARAT. Jurnal Metamorfosa , 7(1), 20-30. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/240
Section
Articles