NILAI-NILAI RELIGI DALAM NAZAM ACEH

  • Hendra Kasmi STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Nazam Aceh, Religi

Abstract

Penelitian ini berjudul Nilai-Nilai Religi dalam Nazam Aceh. Masalah yang ingin di telaah  adalah tentang gambaran nilai-nilai religi terutama yang berhubungan dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan tentang nilai-nilai religi pada nazam  terutama yang berhubungan dengan nilai-nilai keislaman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan struktural. Sumber data penelitian ini adalah naskah nazam Aceh. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nazam Aceh sebagai karya sastra lama dan bagian dari kearifan lokal Aceh kental dengan budaya Islam. Aspek yang menonjol yang dipaparkan dalam nazam Aceh adalah tentang kematian, sejarah kebuadayaan Islam, adab anak terhadap orang tua.

Abstract

This research is entitled The Religious Values in Aceh Nazam. This study tried to describe about the religious values, especially those which are related to Islamic values. This study, therefore, aims to illustrate the religious values in Nazam, especially those related to Islamic values. The method used is descriptive analytical method with a structural approach. The data source of this research is the Aceh nazam. Data were analyzed using qualitative analysis techniques. The results of this study indicate that the Acehnese nazam is an old literary work and part of Aceh's local wisdom influenced by Islamic culture. The prominent aspect presented in Aceh's nazam is about death, the history of Islamic culture, adab children towards parents.

Keywords: Aceh Nazam, Religion

References

Moleong, Lexy.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ramlan. 1996. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Rani, Supratman. Abdul. 2004. Intisari Kesusastraan Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Article Metrics
Abstract views: 356
pdf downloads: 414
Published
2019-01-31
How to Cite
Hendra Kasmi. (2019). NILAI-NILAI RELIGI DALAM NAZAM ACEH. Jurnal Metamorfosa , 7(1), 31-36. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/242
Section
Articles