PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DIKELAS XI- KC R DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

  • M. Jamil Acek SMK Negeri 3 Banda Aceh
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Script,Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa pada materi isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan penerapan model pembelajaran cooperatif scriptdikelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh, yang berjumlah 31 orang siswa. Lokasi penelitian ini dilaksanakan dikelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh.Waktu penelitian ini dilakukan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019, pada tanggal 01 s/d 17 November 2018. Instrumen yang digunakan dalam  penelitian ini  adalah perangkat soal tesdan lembar observasiaktivitas siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri atasempat komponen yaituperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi (pengamatan). Teknik pengolahan datamenggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperatif script dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa pada materi isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan di kelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019.

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in cognitive learning outcomes and student learning activities in the content, systematics, and language material of a proposal related to the field of work by applying cooperative script learning model in class XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh in the Odd Semester of Academic Year 2018/2019. This study uses a class action research method. The subjects of this study were students of class XI-KC R of SMK Negeri 3 Banda Aceh, which numbered 31 students. The location of this study was conducted in class XI-KC R of SMK Negeri 3 Banda Aceh. The time of this study was carried out in the Odd Semester Academic Year 2018/2019, on 01 to 17 November 2018. The instruments used in this study were test questions and student activity observation sheets. The procedure for classroom action research consists of three cycles, each cycle consisting of four components, namely planning, action, observation, and reflection. The technique used to collect data in this study is tests and observations. Data processing techniques use percentage descriptive statistics. The results of this study are the application of cooperative learning script models can improve cognitive learning outcomes and student learning activities in the content, systematics, and language material of a proposal related to the field of work in class XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh in the Odd Semester Academic Year 2018 / 2019.

 

Keywords: Cooperative Script Learning Model, Learning Outcomes, Student Learning Activities

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 ( Standar Isi). Jakarta: Kemendiknas.

Hamzah B. Uno. (2007). Model Pembelajaran: Menetapkan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hadi, S. (2007). Pengaruh Pembekalan Model Cooperative Script TerhadapKetrampilan Berfikir Kritis, Ketrampilan Metakognitif, dan Hasil BelajarBiologi Pada Siswa Laboratorium UM (Makalah Disajikan pada Seminar Tesis). Malang.

Mulyasa.(2008). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, R, E. (2005). Cooperative Learning, Theory, Research, And Practice. Usa: Allyn And Bacon.

Sardiman, A. M. (2008). Interaksi Dan Motivasi Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Article Metrics
Abstract views: 86
pdf downloads: 289
Published
2019-01-31
How to Cite
M. Jamil Acek. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DIKELAS XI- KC R DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH . Jurnal Metamorfosa , 7(1), 98-114. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/251
Section
Articles