PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SDN MANGUNJAYA 07 TAMBUN SELATAN BEKASI

  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara Jakarta
Keywords: Keterampilan Menulis, Metode Mind Mapping

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan metode Mind Mapping di SDN Mangunjaya 07 Tambun Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan metode Mind Mapping. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa kelas IV SDN Mangunjaya 07 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan mengembangkan keterampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penggunaan langsung di dunia kerja atau dunia aktual lainnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dirancang dengan mengadopsi model penelitian Kemmis dan Taggart yang dimodifikasi dengan model penelitian tindakan Kurt Lewin. Rancangan ini terdiri dari empat langkah, yakni: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Reflekasi, dengan tahapan tiga siklus. Dari hasil observasi kemampuan menulis cerita siswa melalui teknik mind mapping pada siswa kelas IV di SDN Mangunjaya 07 Kec. Tambun Selatan-Bekasi menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Hasil rata-rata tindakan siklus 1 teknik mind mapping hanya sebesar 56,25 atau sebesar 25%. Hasil rata-rata dari tindakan siklus 2 mencapai 62,12 atau sebesar 12,5%. Hasil rata-rata kelas pada siklus 3 mencapai 70,62 atau sebesar 67,5%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dikelas IV SDN Mangunjaya 07 Tambun Selatan.

Abstract

The purpose of this study was to improve writing skills using the Mind Mapping method at SDN Mangunjaya 07 Tambun Selatan 2017/2018 Academic Year. The method of this research is class action research through the application of the Mind Mapping method. The subjects of this study were 40 fourth grade students at SDN Mangunjaya 07 Tambun Selatan. This study uses qualitative research with a type of Classroom Action Research (CAR), which aims to develop new skills or new approaches and to solve problems with direct use in the world of work or other actual worlds. This Classroom Action Research was designed by adopting the Kemmis and Taggart research model which was modified by the research model of Kurt Lewin's actions. This design consists of four steps, namely: Planning, Action, Observation, and Reflection, with stages of three cycles. From the observation results the ability to write student stories through mind mapping techniques in class IV students at SDN Mangunjaya 07 Kec. South Tambun-Bekasi showed a fairly good increase. The average results of the first cycle of mind mapping techniques were only 56.25 or 25%. The average results of the second cycle of actions reached 62.12 or 12.5%. The results of the class average in the third cycle reached 70.62 or 67.5%. The conclusion of this study is that applying the Mind Mapping method can improve students' skills in writing in class IV SDN Mangunjaya 07 Tambun Selatan.

 

Keywords: Writing Skills, Mind Mapping Method

References

Akhadiah, Sabarti. Menulis. Jakarta: Depdikbud, 1997.

Asri,Sriawan. dan Yuliwati. Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: STKIP Press, 2008.

Azies, dan Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Buzan, Tony. Buku Pintar Mind Map untuk anak, Jakarta : Gramedia, 2007.

Darajat, Zakiah, dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Hidayat, Asep Ahmad, Filsafat Bahasa: Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda, Bogor: Senayan Library, 2006

Mulyono Abdurrohman. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Mulyasa. E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Mulyono Abdurrohman. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Mulyasa. E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Resmini, N. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung : UPI Press, 2007.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Al Genindo, 2004.

Semi, Atar. Menulis Efektif. Padang: Angkasa, 1998.

Semi, Atar. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Mugantara, 1995.

Sugiarto, Iwan. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir. Jakarta: Gramedia, 2004.

Tarigan, Henry Guntur. menulis: sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.2008.

Tarigan,Henry Guntur. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa, 2000.

Article Metrics
Abstract views: 252
pdf downloads: 222
Published
2019-01-31
How to Cite
Syamzah Ayuningrum. (2019). PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SDN MANGUNJAYA 07 TAMBUN SELATAN BEKASI. Jurnal Metamorfosa , 7(1), 138-152. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/257
Section
Articles