ANALISIS KONFLIK DALAM NOVEL SANDIWARA BUMI KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY

  • Erfinawati Universitas Serambi Mekkah Indonesia
  • Ismawirna Universitas Serambi Mekkah Indonesia
Keywords: Konflik, Novel Sandiwara Bumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik, berupa konflik psikologis, konflik sosial, dan konflik alamia yang terdapat dalam alur cerita dalam novel Sandiwara Bumi Karya Taufiqurrahman al-Azizy. Pendekatan penelitian ini adalah  kualitatifsedangkan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al-Azizy, yang diterbitkan oleh Sinar Kejora Yogyakarta, 2014. Novel yang terdiri dari 304 halaman, dengan tebal buku 14x21 cm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis, baca, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dokumen, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi hasil penelitian ini adalah konflik yang terjadi dalam  novel Sandiwara Bumi adalah konflik psikologi yaitu konflik yang muncul karena pertentangan hati atau jiwa seseorang tokoh dengan tokoh yang lain. Konflik ini terjadi di dalam hati atau jiwa seseorang tokoh di dalam cerita. Hal ini tampak dengan keadaan dimana seseorang tokoh mengalami sebuah kegundahan di dalam hatinya. Konflik sosial disebabkan oleh adanya kontak sosial antara manusia, atau masalah-masalah yang muncul akibat adanya hubungan antara manusia. Konflik alamiah adalah konflik yang terjadi antara manusia dan alam, konflik ini memperlihatkan pertikayan atau pergulatan tokoh melawan kekuatan alam demi kelangsungan hidup.

Abstract

This study aims to describe the conflict, in the form of psychological conflict, social conflict, and natural conflicts in the storyline in Taufiqurrahman al-Azizy's Sandiwara Bumi Karya novel. The approach of this research is qualitative while the type of research is descriptive. The data source in this study is the novel Sandiwara Bumi by Taufiqurrahman al-Azizy, published by Sinar Kejora Yogyakarta, 2014. The novel consists of 304 pages, with a thickness of 14x21 cm. Data collection techniques used in this study are analysis, reading, refer, and note techniques.   The data analysis technique used in this study uses document analysis techniques, using descriptive qualitative methods. As for the results of this study, the conflicts that occur in the Sandiwara Bumi novel are psychological conflicts, namely conflicts that arise because of a person's heart or soul conflict with another character. The results of this study are conflicts that occur in novels. This conflict occurs in the heart or soul of someone in the story. This can be seen in a situation where a person experiences an anxiety in his heart. Earth is a psychological conflict that is a conflict that arises because of a person's heart or soul conflict with another character. Social conflict is caused by the existence of social contact between humans, or problems that arise due to the relationship between humans. Natural conflict is a conflict that occurs between humans and nature, this conflict shows the conflict or the struggle of the character against the forces of nature for survival.

 

Keywords: Conflict, Role Play Novel

References

Arikunto, Suharsimi.2002. Prosudur Penelitian. Jakarta: Rinaka Cipta.

Moleong, Laxy . 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. UnsurPewayangan dalam Fiksi Indonesia. FPBS IKIP Yokyakarta: Gajamada University Press.

Rahmanto, B. Dan harianto, P. 1998. Materi Pokok Cerita Rekaan dan Drama. Jakarta: Depdikbut.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sayuti, Suminto. 2000. Kajian Fiksi. Yokgakarta: Gama Media.

Sumardjo, J. Dan Sain K.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Article Metrics
Abstract views: 177
pdf downloads: 194
Published
2019-07-31
How to Cite
Erfinawati, & Ismawirna. (2019). ANALISIS KONFLIK DALAM NOVEL SANDIWARA BUMI KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY . Jurnal Metamorfosa , 7(2), 170-181. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/262
Section
Articles